Lihat ke Halaman Asli

I Ketut Suweca

TERVERIFIKASI

Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Freez, Kompasianer, dan Mutu Tulisan

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1311867894494489279

[caption id="attachment_125643" align="aligncenter" width="680" caption="Ilustrasi/Admin (KOMPAS.com)"][/caption]

"Kehadiran Freez sebagai bentuk cetak dari artikel-artikel (terpilih) kompasiana.com telah membawa fenomena baru di kalangan kompasianer. Bagaimanakah kemungkinan sikap para kompasianer melihat kehadiran Freez? Paling tidak ada dua sikap yang ditunjukkan kompasianer, seperti berikut ini.

Pertama, menyambut Freez dengan antusias. Kegairahan para kompasianer, seperti diungkap oleh Pak Joko Martono, karena mereka ingin berpartisipasi dalam print media itu. Artinya, sebagian kompasianer suatu saat ingin tulisannya dimuat di Freez. Karena keinginan itu, maka kompasianer akan berbenah dalam beberapa hal, misalnya diawali dengan melakukan verifikasi akun (bagi yang belum) sebagai bentuk validasi identitas di kompasiana.com.

Di samping itu, para kompasianer tergerak pula untuk berusaha menata artikelnya sedemikian rupa sehingga layak dimuat di Freez. Jika ingin artikelnya dimuat di media baru ini, maka mereka tidak bisa 'main tabrak' saja tanpa memperhatikan tata-tulis, termasuk ejaan. Yang juga menjadi perhatian mereka tentu saja mutu tulisan. Freez pasti lebih mempersyaratkan orisinalitas, aktualitas, dan sifat informatif. Kedua, ada yang menyambut Freez dengan sikap biasa-biasa saja. Mengapa? Kelompok ini tidak tertarik nimbrung di media baru tersebut karena menurutnya ikut di situ menjadi sangat ribet. Ribet? Ya, karena kalau hendak ke Freez, mereka mesti memenuhi segala persyaratan yang disebutkan di atas, sesuatu yang memberatkan. Mereka lebih memilih mangkal dengan setia di kompasiana.com, karena semata-mata ingin curhat atau menuangkan ide sekadarnya, tanpa harus belajar dan berkutat suntuk dengan tata-tulis berikut segala tetek-bengeknya. Mereka merasa sudah cukup puas dan enjoy dengan berkiprah di kompasiana online, tanpa merasa harus ikut dalam Freez. Apa pun pilihan para kompasianer, semuanya sah-sah saja dan tak ada yang salah. Semuanya baik dan semuanya berguna. Selamat datang Freez dan selamat menulis untuk semua sahabat kompasianer. ( I Ketut Suweca , 28 Juli 2011)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline