Lihat ke Halaman Asli

Echa Wahyudi

ECHA WAHYUDI SH.

Pesta Sekura Kota Besi Lambar Dihadiri Ribuan Pengunjung Hingga Luar Daerah

Diperbarui: 4 Mei 2022   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Lampung Barat - Pesta budaya sekura hari ketiga di Lambar di hadiri ribuan masyarakat bertopeng tumpah ruah hingga ke jalan Nasional Lintas Liwa, di Pekon Kota Besi, Kecamatan Batu Brak.

Puluhan ribu masyarakat dari berbagai Pekon (Desa) dari 15 Kecamatan di Lambar bahkan dari luar daerah seperti Bandar Lampung, Oku Selatan bahkan Palembang hadir dengan mengenakan berbagai bentuk topeng dan busana meramaikan gelaran pesta budaya sekura tahunan tersebut.

Salah satu pasukan yang meramaikan gelaran pesta budaya sekura di Kota Besi tersebut yaitu pasukan 'Anker Squad Khatong Manjau'. Mereka mengenakan sekura (Topeng) dengan berbagai bentuk dan busana yang unik.

Mereka tiba di lokasi gelaran pesta budaya sekura tepat pukul 10:30 dan membawa pasukan dengan mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua serta membawa berbagai macam tumbuhan yang di gunakan untuk 'Ngelimuk'.

Salah satu anggota pasukan 'Anker Squad Khatong Manjau' mengatakan pihaknya selalu konsisten hadir meramaikan gelaran pesta budaya sekura setiap tahun nya, sebab menjadi agenda wajib bagi pihaknya untuk selalu menjaga budaya peninggalan nenek moyang tersebut.

"Dimana pun tempat nya kami akan datang untuk meramaikan, sesuai dengan jargon kami 'Khatong Manjau', kami hadir sebagai bentuk komitmen kami dalam menjaga kebudayaan asli Lampung Barat agar tidak hilang ditelan zaman," ujarnya

Dok. pribadi

Ramainya peserta pesta budaya sekura di Kota Besi hari ini menyebabkan kemacetan yang cukup panjang. Pengendara harus menunggu hingga berjam-jam untuk bisa melewati kemacetan yang terjadi. 

Dari pantauan kompasiana.co dilokasi, ada beberapa personil dari pihak kepolisian yang diturunkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi akibat gelaran pesta budaya tahunan di bumi beguai jejama sai betik itu. 

Doni salah satu pengendara mengatakan ia bersama rombongan terjebak macet hingga 1 jam lebih akibat ramainya perayaan pesta budaya sekura di Pekon Kota Besi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline