Lihat ke Halaman Asli

Peranan Generasi Milenial dalam Melestarikan Budaya pada Era Globalisasi

Diperbarui: 7 Juli 2023   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERANAN GENERASI MILENIAL DALAM MELESTARIKAN BUDAYA DAN LINGKUNGAN PADA ERA GLOBALISASI DEMI MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS

Oleh : Ebit Sahara Br.Purba

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat beranekaragam, keanekaragaman tersebutlah yang menjadikan Indonesia memiliki daya tarik bagi bangsa lain. Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman budayanya.Tidak heran jika semua negara mengakui mengenal Indonesia dari keanekaragaman dan keunikan budaya-budaya juga sebagai tata cara hidup manusia yang dilakukan secara kelompok atau masyarakat yang diwariskan dari leluhur turun temurun dari generasi ke generasi.Oleh karena itu sebagai generasi muda yang bertanggung jawab untuk menjaga serta melestarikan kebudayaan ini,kita di tuntut untuk saling menjaga dan bekerja sama agar terciptanya lingkungan yang aman dan sejahtera.

Budaya merupakan identitas bangsa,terutama bangsa Indonesia untuk itu ada kewajiban untuk menjaga nya.Dalam hal itu kita dituntu untuk saling menjaga kelestarian alam dam budaya. Peranan generasi milenial sangat penting untuk menjaga dan melestarikan budaya begitu pula generasi muda sebagagai generasi penerus bangsa.Setiap daerah memiliki budaya masing masing, upaya menjaga dan melestarikan budaya merupakan tanggung jawab orang-orang didalamnya, yang dimana budaya tersebut merupakan hak masyarakat di daerah itu sendiri,namun perlunya dukungan dan saling menghargai dari daerah luar.

Dapat kita ketahui bahwa negara Indonesia memiliki budaya, bahasa, suku, agama, adat istiadat dan lain sebagainya, yang berbeda beda.Namun hal ini lah yang menjadikan kita mengerti tentang pentingnya saling menghargai dan toleransi sesama manusia.Seiring berjalannya waktu dapat kita lihat pada era sekarang semakin berembang pesat nya teknologi,sehingga tidak sedikit pula yang melupakan tentang keanekaragaman yang sudah ada. 

Dalam era globalisasi informasi menjadi kekuatan yang sangat dahsyat dalam mempengaruhi pola pikir manusia. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini, perlu kesadaran akan pentingnya budaya lokal sebagai jati diri bangsa. 

Kewajiban bagi setiap lapisan masyarakat untuk mempertahankannya, dimana peran generasi muda sangat diharapkan untuk terus berusaha mewarisi budaya lokal. Oleh karena itu dapat disimpulakn bahwa generasi muda mendapatkan peran penting untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.Bahkan dari hal terkecil seperti permainan tradisional hingga lagu lagu daerah yang beragam dan memiliki ciri khas nya masing masing yang unik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline