Lihat ke Halaman Asli

Edye Bessie

Orang Kampung

Media Sosial dan Minat Literasi Siswa

Diperbarui: 8 Februari 2024   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosial media telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan remaja dan siswa. Penggunaan sosial media tidak hanya memengaruhi aspek sosial dan komunikasi, tetapi juga memiliki dampak signifikan terhadap minat literasi siswa. Artikel ini akan membahas bagaimana sosial media mempengaruhi minat literasi siswa secara positif dan negatif, serta upaya yang dapat diambil untuk meminimalkan dampak negatif tersebut.


1. Pengaruh positif sosial media terhadap minat literasi siswa

a. Akses mudah ke informasi literatur

Sosial media menyediakan akses cepat dan mudah ke berbagai sumber literatur. Siswa dapat dengan mudah menemukan artikel, buku, dan informasi literer lainnya melalui platform sosial media.

b. Komunitas literasi online

Adanya komunitas literasi di sosial media dapat meningkatkan minat siswa terhadap membaca. Diskusi, ulasan buku, dan tantangan literasi sering kali dapat memotivasi siswa untuk terlibat lebih aktif dalam membaca.

c. Pembelajaran kolaboratif

Sosial media memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam proyek literasi. Mereka dapat berbagi ide, memberikan umpan balik, dan saling mendukung dalam pengembangan keterampilan literasi.

2. Pengaruh negatif sosial media terhadap minat literasi siswa

a. Gangguan terhadap waktu

Sosial media seringkali menjadi sumber gangguan yang menyebabkan siswa menghabiskan waktu yang seharusnya untuk membaca dengan aktivitas online yang kurang bermanfaat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline