Lihat ke Halaman Asli

Hadi

Tukang Buku

Kultivar Melon (3): Sonya, Sky Rocket, Sakata, dan Tacapa Green Black

Diperbarui: 15 November 2023   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

7. Sonya

Melon Sonya merupakan salah satu melon hibrida yang paling populer di kalangan petani di Indonesia karena hasil panennya tinggi, tahan hama dan penyakit, serta umur panennya relatif pendek.

Daging buah melon sonya berwarna oranye muda, teksturnya keras dan renyah, serta tingkat kemanisannya 10,0-14,8brix. 

Melon yang mempunyai daya simpan sekitar 13 hari ini, 95% bagian buahnya layak dikonsumsi oleh manusia. Hal ini bisa terjadi karena persentase kulit dan bijinya hanya 5%.

Jika tumbuh optimal, diameter buahnya berkisar 14--15 cm dengan bobot sekitar 1,7 kg. Dengan ukuran seperti ini, potensi panen setiap hektarnya sekitar 34--35 ton. 

Warna kulit buah yang siap panen kuning, meskipun awalnya berwarna hijau muda. Tekstur kulit buah melon ini kasar, karena terdapat motif jaring yang tebal.

Buah tersebut tumbuh dari bunga yang mulai muncul sebulan setelah bibitnya ditanam.Bunga ini warnanya kuning dan berbentuk bintang. 

Bunga tersebut tumbuh pada batang berpenampang segi lima yang ukurannya sekitar 1,3 cm. Pada batang verwarna hijau ini, juga tumbuh daun berwarna hijau. 

Bentuk daun ini bulat dengan ukuran panjang dan lebar hampir sama, yaitu berkisar 21,5 X  21,2 cm. Permukaannya berbulu pendek, ujungnya meruncing, dan sisi-sisinya berombak.

8. Sky Rocket

Melon kultivar Sky Rocket berbentuk bulat. Kulit buahnya tebal, dengan permukaan kulit berwarna hijau kekuningan dan berjaring abu-abu. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline