Lihat ke Halaman Asli

Wafa Thoriqul Huda

Operasional Perusahaan

Cara Membangun Personal Branding

Diperbarui: 5 Januari 2023   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Dalam membangun hal ini harus dilakukan secara efektif. Karena berkaitan dengan reputasi yang akan terbangun oleh orang lain. Berikut cara paling efektif dalam membuat personal branding.

1.Cari tahu tentang diri sendiri
Apa minat, bakat, keinginan yang dimiliki biasanya akan tercermin dari sebuah hasil karya. Anda perlu mengenal diri sendiri terlebih dulu sebelum meminta orang lain mengenal anda.

2.Menemukan apa yang ingin dikenal orang lain
Hal baik apa yang ingin ditonjolkan dan dikenal orang lain sebagai identitas anda. Ini perlu digali, sehingga tepat hasilnya dengan pesan apa yang sebenarnya ingin disampaikan.

3.Seperti apa audiens
Target konsumen yang ingin Anda jangkau harus jelas. Seperti apa audiens atau calon konsumen harus sesuai dengan tujuan pemasaran produk. Jadi tepat sasaran, efektif waktu dan tenaga.

4.Riset industri
Cara membangun personal branding selanjutnya adalah melakukan riset industri. Sama halnya dengan memilih mentor namun kali ini dilakukan secara online dan mandiri. Misalnya memilih tokoh kemudian cari info website-nya.

5.Cari informasi dari brand kenamaan
Memilih beberapa perusahaan kenamaan dengan branding kuat. Kemudian lakukan wawancara mengenai bidang-bidang dan pengetahuan, nantinya berguna untuk pengembangan bisnis di masa depan. Manfaatkan hanya sebagai referensi bukan meniru.

6.Menyiapkan elevator pitch
Buat cerita pendek relevan dengan produk unggulan. Cerita ini nantinya perlu disampaikan dalam forum-forum atau ketika bertemu dengan klien. Layaknya video demo, hanya sepanjang 30-60 detik. Elevator pitch sarat dengan isi dan pesan promosi. Intinya cara membangun personal branding ini menjelaskan identitas serta apa keunggulan diri serta produk. Harapannya pesan tersebut akan diingat oleh audiens.

7.Memperluas jaringan
Semakin banyak koneksi atau jaringan dibentuk semakin mudah produk masuk ke berbagai segmen. Personal branding lebih cepat berhasil karena ada nilai yang Anda bawa dalam hubungan dengan banyak jaringan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline