Lihat ke Halaman Asli

Eko Sudaryanto

Awam yang beropini

Bagi Nunun Nurbaeti, Apakah 4 Tahun Penjara Sepadan?

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_112612" align="aligncenter" width="400" caption="Masih bisakah Nunun Nurbaeti tersenyum sebahagia ini? - Foto doc kompas.com"][/caption]
Bagi Nunun Nurbaeti, dan tentu juga bagi sang suami tercinta Adang Dorodjatun, tuntutan penjara selama 4 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum KPK, dapat dianggap sebagai sebuah bentuk pengorbanan yang sangat luar biasa.

Bahkan jika uang hasil pencairan 20 lembar cek perjalanan senilai 1 miliar yang masuk ke rekening pribadinya, yang merupakan bagian dari 480 lembar cek perjalanan yang dibagi-bagikan kepada sejumlah anggota DPR periode 1999-2004, diangap sebagai uang jasa sebagai "tukang pos".

Karena saya yakin, bagi orang seusia bu Nunun dan dalam kondisi kesehatannya saat ini, menjadi buronan KPK dan INTERPOL hingga ditangkap dan dipenjarakan serta menjadi "pesakitan" di pengadilan, bukan merupakan pengalaman yang beliau idam-idamkan untuk menikmati hari tuanya. Bahkan dalam kondisi paling ekstrim, terkait sakit "parah" yang dideritanya....sangat tragis jika beliau sampai (maaf) "menghadap Tuhan" dalam status sebagai terdakwa atau bahkan terpidana!

Dan saya sangat yaking pula, di dalam lubuk hati bu Nunun yang paling dalam, beliau sangat mendambakan bisa menikmati hari tuanya di tengah-tengah keluarga yang sangat mencintai dan dicintainya, serta diantara teman tempatnya berbagi cerita suka dan duka. Bukan di penjara dengan segala atribut yang melekat pada statusnya sebagai terdakwa dan/atau terpidana!

Mungkin sudah tiba waktunya bagi Nunun Nurbaeti, sang terdakwa kasus suap dalam rangka pemenangan pemilihan Miranda Goeltom sebagai Deputi Gubernur Senior BI, untuk mulai berhitung lagi. Lebih cermat menimbang-nimbang, apakah semua pengorbanan yang beliau lakukan terkait kasus yang menjeratnya , sepadan dengan kehidupan pribadi dan keluarga yang beliau korbankan?

Karena jika benar bukan bu Nunun yang menjadi "dalang" dan/atau penyandang dana kasus yang terjadi pada tahun 2004 yang telah lalu, sang "play maker" sedang bebas menikmati hidup di luar sana! Sementara Nunun Nurbaeti...sedang menyia-nyiakan hidup dan menyiksa diri di penjara serta mempermalukan diri dan keluarga!!! *E. Sudaryanto 23042012




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline