Lihat ke Halaman Asli

Eko Sudaryanto

Awam yang beropini

Demokrat Sedang Sial!

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saya melihat, huru-hara yang sedang terjadi di Partai Demokrat, adalah sebuah bentuk kesialan. Terutama terkait dengan permainan uang yang diduga dilakukan oleh Anas Urbaningrum, pada konggres partai tahun 2010 silam, yang menurut pak Nazaruddin bersumber dari uang suap proyek-proyek yang dibiayai oleh APBN.


Permainan uang haram atau hasil korupsi yang dilakukan oleh kader partai, atau partai politik itu sendiri, konon merupakan hal yang sangat mungkin terjadi. Diyakini praktek culas seperti itu, tidak hanya terjadi pada Partai Demokrat. Tetapi juga berpotensi terjadi, dan telah terjadi pada partai politik lain.


Jika sekarang ini yang mencuat ke permukaan dan menjadi heboh, adalah kasus yang terjadi pada Partai Demokrat, mungkin karena partainya SBY itu sedang sial. Tak penting apakah kesialan itu akibat kecerobohan partai sendiri, atau karena adanya upaya delegitimasi oleh lawan politik...Hasilnya sama saja!


Partai Demokrat sedang menggelinding dari puncak bukit tertinggi, menuju jurang kehancurannya yang paling dalam.


Sekarang tinggal bagaimana upaya para elit Partai Demokrat, tak terkecuali SBY selaku Ketua Dewan Pembina PD, untuk menahan luncuran dan berusaha mendaki kembali menuju puncak. Kuncinya...upaya itu harus dilakukan segera! Atau mereka akan kehabisan dan kehilangan banyak waktu.


Dan buat partai politik lainnya, agar kasus yang menimpa Partai Demokrat dapat dijadikan sebagai peringatan keras, untuk menghentikan atau tidak melakukan hal serupa. Karena harga yang harus mereka bayar sangat mahal dan mungkin tak terbayarkan.


Kata pepatah: sepandai-pandainya menutupi borok, bau busuknya pasti tercium juga!(E. Sudaryanto-19072011)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline