Lihat ke Halaman Asli

Guru PKN Kalbar Meraih Juara Tingkat Nasional

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah satu guru MTsN 2 Pontianak Tasiran, berhasil mengharumkan nama Kalbar lewat “Anugerah Konstitusi dan Pendidikan Hak Konstitusional Warga Negara Bagi Guru PKN Tingkat Nasional, ” Tasiran berhasil mendapatkan juara terbaik I untuk katagori SMP/MTs, yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal (29/11/2014).

"Sesungguhnya, profesi guru itu memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam mendidik para siswa untuk memiliki dan memahami nilai-nilai Pancasila, terlebih guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) merupakan ujung tombak pengajaran terhadap nilai-nilai tersebut Selain itu juga, pentingnya mata pelajaran PKN ini diberikan di sekolah adalah dalam rangka membina sikap dan perilaku ataupun mental siswa sesuai dengan nilai moral Pancasila dan UUD 1945 serta menangkal berbagai pengaruh negatif yang datang dari luar baik yang berkaitan dengan masalah ideologi maupun budaya," ungkapnya belum lama ini.

Menurut dia, "Kegiatan penganugrahan yang dilaksanakan Kemenag melakukan kerja sama dengan Mahkamah Konstitusi ini, sangat bermanfaat karena di dalam kegiatan ini terdapat sebuah nilai-nilai dan karakter bangsa, di tengah pluralitas bangsa Indonesia, pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai konstitusi dan Pancasila mutlak dibutuhkan demi menjaga keutuhan bangsa" kata guru MTsN 2 Pontianak ini.

Apa lagi seorang guru itu  berhadapan langsung dengan siswa setiap hari setiap saat dalam proses transformasi pengetahuan dan pembentukan karakter tersebut. Di samping mentransformasikan pengetahuan, ia juga berperan besar membentuk watak siswa sejak kecil, Oleh karena itu, "penganugrahan atau penghargaan yang diberi Mahkamah Konstitusi  bagi para guru - gurutentunya untuk meningkatkan kinerja guru dari segi profesionalisme sebagai tenaga pendidik dan Sebagai jawaban pemerintah untuk menghargai kinerja dan profesionalisme guru tersebut," tegasnya

Lanjut tasiran, Untuk juara katagori jenjang Pendidikan "SMP/MTs, juara terbaik I diraih Tasiran, S.Pd dari MTsN 2 Pontianak, Kalimantan Barat. Juara II diraih Wasiat, S.Pd, M.M.Pd dari SMP N 26 Bandar Lampung. Juara III diraih Agus Tosanto, S.Pd dari SMP N 14 Semarang. Juara Harapan I diraih Raden M Tohir, M.Pd dari MTsN 1 Palembang. Juara Harapan II diraih Drs. Muh Hatta dari SMP N Samarinda". Jelasnya.

Dilanjutkannya, ia berharap kegiatan penganugrahan  ini bisa menambah motivasi meningkatkan mutu bagi guru - guru, untuk menjadikan peserta didiknya sebagai generasi penerus bangsa menjadi warga negara yang sadar konstitusi, "mudah-mudahan kegiatan penganugrahan Konstitusi ini akan berlanjut di tahun depan" Harapnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline