Lihat ke Halaman Asli

Dziki Fahmi

Mahasiswa Magister SB-IPB

Reputasi Digital Korporasi Berbasis Data Media Sosial

Diperbarui: 25 Oktober 2020   17:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Media Sosial

Media sosial sudah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat dan digunakan untuk mengekspresikan opini, emosi, serta menyebarkan berita baik itu berita berupa fakta ataupun hoaks. Berdasarkan laporan Hootsuite (2019), persentase pengguna aktif media sosial tahun 2019 adalah 56% dari total penduduk Indonesia. Dari penelitian yang sama, rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Indonesia di media sosial setiap hari adalah 3.5 jam. Tren penggunaan media sosial diprediksi semakin meningkat di masa yang akan datang.

Dengan tren media sosial yang semakin meningkat maka korporasi dituntut untuk dapat mengelola reputasi digital dengan baik diantaranya dengan memperhatikan trending dan polaritas opini di media sosial. Trending topic media sosial mengenai suatu korporasi yang memiliki polaritas opini negatif dan terekspos nasional dapat menurunkan reputasi digital korporasi tersebut dan menggiring opini publik walaupun opini yang terekspos belum tentu benar. Oleh karena itu, analisis untuk mengukur polaritas opini di media sosial menjadi penting agar manajemen suatu perusahaan dapat melakukan pengambilan keputusan terkait manajemen relasi publik berbasiskan data.

Drone Emprit adalah suatu aplikasi big data yang dapat mengoleksi data dari Twitter secara real time dan kemudian mengolah data dengan beragam cara analisis. Salasatu analisis yang dapat dilakukan adalah analisis mengenai Most Retweeted yang ditampilkan dalam bentuk pie chart. Untuk tujuan akademik, Drone Emprit dapat mengoleksi data Twitter secara real time berdasarkan kata kunci tertentu. Salahsatu contoh hasil analisis Most Retweeted yang dilakukan terhadap kata kunci suatu korporasi tambang di Indonesia pada rentang waktu 18 Agustus – 25 Agustus 2020 adalah gambar 1.

Gambar 1 Analisis Most Retweeted dari Drone Emprit

Tulisan ini diharapkan menjadi awal dari rangkaian publikasi penelitian tesis mengenai strategi pengelolaan corporate image perusahaan berbasiskan data media sosial.

Daftar Referensi:

HootSuite. 2019. Digital 2019 – All the Data and Trends You Need to Understand: Internet, Social Media, Mobile and e-commerce Behaviours in Indonesia. Tersedia pada: https://andi.link/download/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline