SEMARANG---Mahasiswa Kuliah Kerrja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram dari Rumah ke-14 (KKN MIT DR-14) UIN Walisongo Semarang kelompok 21 mengadakan webinar dengan judul “Pentingnya Public Relation di Era Society 5.0” dengan memanfaatkan aplikasi jarak jauh yakni google meet (27/07/22).
Menurut koordinator kelompok 21, kegiatan webinar ini pada mulanya akan diselenggarakan melalui zoom pro yang mampu menampung banyak peserta dan waktu yang lama. Namun dikarenakan ada kendala dari admin yang memegang akun tersebut, maka dialihpindahkan menggunakan google meet. "Takutnya nanti kalau memaksa menggunakan zoom pro, akan berhenti di tengah-tengah webinar", tegasnya pada Rabu, (27/7)
Ibu Alifa Nur Fitri M.I.Kom AMIPR, selaku narasumber dan sekaligus DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) kelompok KKN tersebut menerangkan bahwa public relations adalah manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publik yang menyangkut aktivitas komunikasi. Ungkapnya pada Rabu, (27/7).
Singkatnya public relations adalah hubungan masyarakat dalam praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Kemudian narasumber membahas era 5.0 yang mana konsep masyarakatnya berpusat pada manusia dan berbasis teknologi, Maka oleh karena itu, public relations sangat penting di era 5.0 sebab kaitannya dengan perkembangan teknologi yakni bersifat digital media online. Kegiatan public relations yang menggunakan digital media online bertujuan untuk mengelola dan meningkatkan reputasi serta terbentuknya pemahaman organisasi. Tambahnya pada Rabu (27/7).
Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh KKN Kelompok 21 UIN Walisongo ini, berlangsung dengan lancar dan khidmat dari pukul 1 sampai pukul 2 siang yang memang diniatkan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya public relations di era 5.0.
Di sesi akhir, sebelum menyampaikan kesimpulan dan foto bersama, Muhammad Iqbal selaku moderator dan sekaligus divisi keagamaan dari kelompok KKN tersebut membuka kesempatan kepada para peserta webinar untuk bertanya seputar materi. Tak lama, dua peserta saling unjuk gigi bertanya seputar materi yakni saudara Zulfan Khoiron Natiq dan saudari Alinfia Amali. Setelah itu, narasumber langsung menjawab pertanyaan mereka dengan jelas, padat dan dapat memahamkan. Lalu di akhir kesempatan, moderator menyimpulkan bahwa pada intinya, kegiatan public relations khususnya di era society 5.0 ini, dibutuhkan agar dapat membangun image dan identitas perusahaan, terutama dalam bidang komunikasi yang berlangsung dalam suatu perusahaan, instansi atau lembaga agar mampu menjaga dan mempertahankan eksistensi di tengah persaingan yakni untuk membentuk citra yang baik di hadapan publik". Pungkasnya pada Rabu, (27/7)
Penulis: Aulia Mutiarani
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H