Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Pajak Disebut Penting bagi Negara?

Diperbarui: 30 Mei 2023   19:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

mengapa pajak penting dan kenapa kita harus taat membayarnya?

penerapan sistem self-assessment yang diberlakukan di indonesiasejak tahun 1983, mengajarkan masyarakat untuk secara mandiri melakukan perhitungan pajak terutang, melunasi kekurangam pajak, menghitung pajak yang telah dibayarkan, serta melaporkan pada Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

dalam akuntansi pajak, masyarakat lebih memilih kebebasan untuk menentukan keadilan sehingga dapat menetapkan sendiri berapa besar pajak yang harus ditanggung sesuai dengan ketentuan UU perpajakan. 

dalam era modern sistem self-assessment yang berlaku saat ini, karena sistem ini pihak otoritas semakin dibatasi dalam menentukan jumlah pajak . sebaliknya, pihak otoritas berupaya mendorong wajib pajak untuk menghitung sendiri kewajiban pajaknya dengan akuntansi pajak. itulah sebabnya wajib pajak yang melakukan usaha sebaiknya mengerti dan memahami mengapa akuntansi perpajakan sangat penting untuk bisnis. 

saat ini, masih banyak wajib pajak individu (wp pribadi) maupun WP Badan yang belum memenuhi kewajiban untuk membayar pajak bedasarkan ketentuan perundang-undangan perpajakan yang tepat. 70% dari total pendapatan negara merupakan pajak yang seharusnya wajib dibayar oleh WP. tanpa adanya pajak, penerimaan negara akan lumpuh dan alhasil akan membuta negara tidak dapat menjalakan fungsi dengan semestinya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline