Lihat ke Halaman Asli

Makna Mencintai Diri Sendiri dari Lagu Epiphany

Diperbarui: 6 Juni 2022   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Lagu 'Epiphany' yang ada di dalam album BTS 'Love Your Self : Answer' mempunyai makna yang mendalam. 'Epiphany' sendiri memiliki beberapa arti, yakni "sebuah momen dimana seseorang yang menyadari atau menjadi sadar akan sesuatu yang sangat berharga untuknya" arti tersebut ada dalam kamus website Universitas Cambridge. 

Menurut dictionary.com 'Epiphany' diartikan sebagai persepsi intuitif, yaitu makna penting dari sesuatu yang datang secara tiba-tiba oleh beberapa kejadian atau pengalaman sederhana atau biasa. jika dalam lagu 'Epiphany' dari BTS sendiri, erti 'Epiphany' dalam dua kamus tersebut dapat dikatakan selaras. Dalam lirik 'Epiphany', diceritakan bahwa Jin menyadari tentang sesuatu, yaitu siapa yang harus dia cintai. 

Lirik 'Epiphany' ini diawali dengan perasaan aneh dan tak tertahankan yang dirasakan oleh Jin karena terlalu mencitai orang lain, beradaptasi sedemikian rupa untuknya dan bahkan ingin hidup hanya untuk orang tersebut. Kemudian dia sadar bahwa mencitai dengan cara seperti itu membuatnnya seperti sedang memakai topenhg, dia tidak mengenali dirinya sendiri. akhirnya dia menyadari bahwa yang harus di cintai adalah dirinya sendiri. 

"Aku adalah yang harusnya aku cintai di dunia ini. Aku yang bersinar, jiwaku yang berharga. Aku akhirnya menyadarinya, sehingga aku mencintai diriku. (Diriku) tidak sempurna, namun sangat indah," demikian petikan lirik dalam lagu 'Epiphany'. Di akhir MV 'Epiphany', tertulis beberapa kalimat yang menceritakan perjalanan personal Jin yang bertekad untuk menemukan sesuatu yang dimiliki semua orang, namun tak semua bisa menemukannya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline