Lihat ke Halaman Asli

Dzaikra Nabila Ramadhani

UIN Sunan Kalijaga

Pahlawan Masa Depan

Diperbarui: 18 Desember 2023   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya Pendidikan di Daerah 3T

Dalam Al-Qur'an, Allah menekankan pentingnya pendidikan dalam surah An-Nahl ayat 43-44: "Dan Kami tidak mengutus sebelum engkau (Muhammad) melainkan, orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui, (mereka Kami utus) dengan membawa keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan Ad-Dzikr (Al-Qur'an) kepadamu, agar engkau menerangkan kepada manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan agar mereka memikirkan,"

Pendidikan itu ibarat mendaki gunung, perlu diperjuangkan untuk mencapai puncak. Prosesnya mungkin terasa berat dan banyak tantangan, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Sama halnya dengan adik-adik kita yang semangat dalam mendapatkan pendidikan. Ada yang rela mengarungi sungai besar, membelah hutan, sampai menyebrangi pulau. Setiap langkah yang mereka ambil untuk sebuah pendidikan adalah sebuah perjuangan. Masyarakat 3T tidak hanya berjuang untuk diri sendiri, tetapi juga untuk generasi mendatang

Daerah 3T

Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal atau biasa disebut daerah 3T merupakan daerah dengan wilayah-wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan dengan kondisi geografis, sosial, ekonomi dan budaya yang kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain. Masyarakat yang berada didaerah 3T ini kurang mendapatkan akses pendidikan berkualitas serta fasilitas-fasilitas dalam menjalankan pendidikan.

Pada Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menjamin kesempatan pendidikan dan peningkatan mutu kuallitas pendidikan yang merata. Namun, daerah-daerah 3T masih terbatas dibandingkan dengan pendidikan di kota.

Tantangan Pendidikan

Pendidikan di daerah 3T ini dihadapkan pada berbagai tantangan yang perlu diatasi. Pertama, aksesibilitas yang sangat sulit melihat dari kondisi geografisnya yang berada di pegunungan, hutan, ataupun pulau-pulau terpencil. Hal tersebut membuat transportasi menjadi sulit dan mahal, sehingga menghambat akses pendidikan bagi masyarakat di daerah 3T. Akses internet di daerah 3T juga cenderung lemah bahkan tidak ada.

Selain aksesibilitas, kurangnya fasilitas pendidikan yang berkualitas menjadi masalah yang sering dibahas. Banyak sekolah-sekolah yang tidak memiliki kelayakan untuk ditinggali, kurangnya alat bahan mengajar yang memadai, kurikulum dan metode pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokal, serta kurangnya guru yang mumpuni. Semua ini mempengaruhi kualitas pendidikan yang dapat diterima oleh anak-anak di daerah 3T.

Selanjutnya, kurangnya kesadaran pendidikan di daerah 3T. Beberapa keluarga merasa bahwa pendidikan itu bukanlah hal yang harus dilakukan karena di daerah tersebut lebih mengutamakan pekerjaan di bidang pertanian, kelautan, maupun bidang informal lainnya. Hal ini menjadi penghambat serius dalam meningkatkan tingkat partisipasi dan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan di daerah 3T.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline