Lihat ke Halaman Asli

Nur HidayatSaputra

Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Wajib Kreatif

Diperbarui: 6 Juli 2023   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@america

Sebagai mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), saya memiliki beberapa pengalaman menarik dan berharga yang ingin saya bagi.

Salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah ketika saya mendapatkan penghargaan dari dosen saya saat mata kuliah Copywriting, saya juara satu dikelas dan mendapatkan sertifikat karena membuat storyline iklan. Yang membuat saya terkesan bukan karena hadiahnya saja, tapi karena pengalaman pertama saya membuat storyline.

Pada tanggal 27 Oktober 2022 saya berkesempatan menghadiri podcast @america yang didalam acara tersebut bertemakan "keeping your money save online" membahas tentang cyber criminal dimana kita harus merasa aman dalam menggunakan teknologi khususnya media sosial yang saat ini sedang menjadi tempat atau wadah dalam mempermudah segala aktivitas manusia. 

Karena masih banyak orang yang masih lalai dan belum banyak memahami bagaimana dia bisa terhindar dari kasus phishing, khususnya dalam menggunakan aplikasi banking atau e-commerce yang sangat riskan dalam hal tersebut. Kesempatan ini menjadikan satu pengalaman yang membuat pikiran saya menjadi terbuka tentang cyber criminal yang ada disekitar kita.

HIMAKOM 2021

Selama kuliah, saya juga terlibat dalam organisasi mahasiswa yang berfokus pada bidang komunikasi. Saya menjadi anggota aktif di Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UMJ, di mana saya terlibat dalam kegiatan pengorganisasian seminar, sharing class dan beberapa acara lainnya. Melalui organisasi ini, saya bisa memperluas jaringan, belajar dari para profesional di industri, dan mengasah keterampilan kepemimpinan dan manajemen acara.

Selama studi saya di prodi Ilmu Komunikasi, saya juga menghadapi tantangan dalam menguasai berbagai teori dan konsep yang kompleks, serta menghadapi tugas-tugas yang menuntut kreativitas dan analisis yang mendalam. Seperti cerita pengalan saya yang paling berkesan sekaligus menantang ide kreativitas saya. Namun, semua pengalaman ini telah memberikan saya pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya mengembangkan ide-ide yang liar untuk mendapatkan satu karya yang bisa ternilai kreatif, dan pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks personal maupun profesional.

Secara keseluruhan, menjadi mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi di FISIP UMJ telah memberikan saya kesempatan untuk mengembangkan diri dalam bidang komunikasi, baik dari segi pengetahuan teoritis maupun pengalaman praktis. Saya merasa bersyukur atas kesempatan ini dan bersemangat untuk melanjutkan perjalanan saya dalam menjelajahi dunia komunikasi yang dinamis dan menarik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline