Lihat ke Halaman Asli

Masih Ragu Menggunakan Injeksi

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13280224911707882856

[caption id="attachment_167516" align="aligncenter" width="300" caption="Injection"][/caption] Yamaha Semakin di Depan…..sudah menjadi motto dari Yamaha Indonesia, dibuktikan dengan menerapkan teknologi  injeksi  pada motor  sport Yamaha Vixion, saat ini perusahaan motor  sudah mulai beralih dari system konvensional/karburator ke system injeksi .

[caption id="attachment_167495" align="aligncenter" width="300" caption=" Sistem Injeksi pada V-Ixion FI"]

1328015914454459467

[/caption] Sedikit Sejarah dari perkembangan injeksi  Yamaha sebelum Yamaha V-Ixion dikeluarkan di Indonesia pada tahun 2007 Yamaha sudah lebih dulu memperkenalkan motor dengan Teknologi system injeksi yaitu Yamaha XJ750D pada tahun 1982 dengan mesin berkapasitas 749 cc, 4 silinder, [caption id="attachment_167451" align="aligncenter" width="300" caption="XJ750D"]

1328003980841928199

[/caption] Setelah XJ 750D tak berproduksi lagi, motor injeksi selanjutnya  motor sport turing GTS1000 di era tahun 1990, Membuktikan Yamaha selalu terdepat dengan perkembangan teknologi. [caption id="attachment_167452" align="aligncenter" width="300" caption="GTS 1000 "]

1328004030752631915

[/caption] Untuk sebagian bikers mungkin ada yang belum mengetahui  sistem injeksi,  Apa sih Injeksi atau Fuel Injection itu?.. Injeksi adalah sebuah teknologi  digunakan dalam mesin pembakaran  untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar ( id.wikipedia.org). Jadi teknologi system Fuel Injection  adalah  beralihnya penggunaan system pembakaran dari karburator menjadi system injeksi . fungsinya sama antara karburator dengan injeksi mencampurkan bahan bakar kemudian menyalurkannya ke ruang bakar. Sistem Injeksi terdapat ECU ( Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak manusia. [caption id="attachment_167496" align="aligncenter" width="300" caption="YMJET-FI"]

13280161461133074992

[/caption] Perbedaanya hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. kalau Fuel Injection, sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor (mensuplai bahan bakar), yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar, sedangkan karburator yang masih manual mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder. Trus Keuntungan menggunakan injeksi apa ?....
  • Udah pasti menghemat uang saku, Karena injeksi dapat menyeimbangkan volume yang   disemprotkan keruang bakar sesuai dengan kebutuhan mesin. ( Penghematan bahan bakar)
  • Pastinya Polusi akan berkurang, karena penggunaan injeksi ramah lingkungan, bahan bakar  yang dikeluarkan akan sempurna.
  • Menghemat waktu, efisien gk perlu tunggu lama-lama di bengkel sewaktu di servis bulanan kecuali bengkelnya emang lagi rame mau servis sendiri juga bisa.
  • Safety karena adanya fitur keamanan apabila motor dalam keadaan miring atau jatuh bahan bakar langsung terhenti (lean Angle sensor) sebuah sensor yang berfungsi mendeteksi posisi kemiringan.
  • Dimana saja kapan saja, karena sekarang ini Yamaha menyediakan  injection cleaner untuk membersihkan dan merawat injeksi, biker bisa melakukan sendiri di rumah.
  • Murah Perawatannya.

Kekurangan menggunakan injeksi ?....

  • Belum tersedianya peralatan komputerisasi untuk merawat injeksi di bengkel biasa.
  • Suku cadang harga masih mahal.

Masalah klasik para bikers  mendengar penggunaan system injeksi dibandingkan dengan karburator  adalah masalah perawatannya, karena menggunakan karburator bisa dibersihkan di mana saja baik sendiri ataupun bengkel biasa pasti bisa, Sedangkan injeksi Sampai saat ini  perawatannya masih harus ke bengkel-bengkel resmi karena sudah tersedianya peralatan-peralatan komputerisasi untuk membantu mekanik. [caption id="attachment_167497" align="aligncenter" width="300" caption="Pilihan Merawat Injeksi"]

1328016492221966158

[/caption] [caption id="attachment_167498" align="aligncenter" width="300" caption="3M Universal Fuel Injector Cleaner"]

13280166701437448822

[/caption] Mengatasi masalah tersebut Yamaha selalu semakin didepan dengan terus berinovasi dan trus menjawab permasalahan di benak para bikers mengenai perawatan injeksi. Yamaha memiliki 4 pilihan untuk merawat injeksi :
  1. FI Diagnotic Tool,
  2. 3M Throttle Body Cleaner,
  3. 3M Universal Fuel Injector Cleaner,
  4. Injector Cleaner and tester.

ada 2 pilihan yang bikers bisa pilih untuk melakukannya sendiri di rumah dengan hati-hati dan mengikuti aturan pastinya yaitu 3M Throttle Body Cleaner ( hanya menyemprotkan ke throttle Body) dan 3M Universal Fuel Injector Cleaner ( merawat injector Seperti infusan, contohnya seperti gambar diatas). klo gk mau pusing serahin aza ke dealer resmi Yamaha yang sudah terlatih dan profesional. Dengan begitu para bikers tidak perlu kwatir lagi menggunakan teknologi injeksi. Masih ragu menggunakan teknologi injeksi , Cape dehh !!! ....Yamaha Semakin di Depan.*** NB:

  • Tarikan Berat atau Akselerasi kurang respon, jangan tunggu lama2 lakukan Injector cleaner karena injector bikers terjadi penumpukan kotoran yang terbawa oleh BBM.
  • Penggunaan teknologi fuel Injection (FI) tidak hanya digunakan untuk motor harian tetapi dapat  digunakan untuk motor balap, telah dibuktikan oleh Yamaha Riding Academy (YRA).
  • Tahun 2014 semua  motor Yamaha sudah menggunakan Fuel Injection (FI).

Foto by: Koleksi Pribadi, Wikipedia.org, Google.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline