Lihat ke Halaman Asli

Dyon Novan

Mahasiswa

Spektroskopi

Diperbarui: 9 Februari 2023   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Bila kita pernah bermain-main ketika masa sekolah, barangkali jenjang pertama atau atas, dengan suatu sumber cahaya putih, misalkan cahaya matahari, dengan sebuah prisma, maka saat cahaya itu ditembakkan ke permukaan prisma akan menghasilkan suatu hamburan cahaya warna-warni. Inilah salah satu fenomena spektroskopi yang sederhana. 

Sementara itu, perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi telah membawa spektroskopi pada ranah yang lebih canggih dan kompleks yang menjadikan spektroskopi dapat digunakan pada berbagai aplikasi misalkan salah satunya pengukuran konsentrasi zat pada suatu cairan.

Spektroskopi merupakan salah satu cabang pengetahuan dalam bidang keilmuan Fisika yang mempelajari tentang interaksi gelombang, entah cahaya maupun bunyi, dengan suatu materi. 

Perbedaan yang mencolok pada spektroskopi sebelum abad 19 dan sesudah abad 20 adalah sumber radiasi yang digunakan. Sebelum abad 19, spektroskopi terbatas pada radiasi elektromagnetik sinar tampak, ultraviolet, dan inframerah. Sementara itu, sesudah abad 20 sumber radiasi elektromagnetik yang digunakan semakin beragam seperti penggunaan X-Ray, gelombang mikro, gelombang radio, dan masih banyak lagi.

Dalam perkembangannya, spektroskopi ternyata memuat istilah-istilah yang bisa jadi memusingkan dan membuat kekurangtepatan dalam penggunaannya. Berikut adalah istilah-istilah yang dekat dengan dunia spektroskopi. 

Pertama adalah spektrometri. Istilah ini dimaksudkan sebagai teknik yang ada dalam ilmu spektroskopi yang digunakan untuk mengukur kadar suatu zat. Alat ukur yang digunakan untuk melakukan pengukuran dalam teknik ini disebut spektrometer. Teknik ini mencakup penggunaan energi gelombang elektromagnetik dan energi gelombang mekanik dalam proses pengukuran.

Kedua adalah spektrofotometri. Istilah ini dimaksudkan sebagai teknik yang ada dalam ilmu spektroskopi yang digunakan untuk mengukur kadar suatu zat dengan memanfaatkan energi elektromagnetik pada panjang gelombang yang spesifik misalkan gelombang cahaya tampak. Instrumen yang digunakan untuk pengukuran dalam teknik ini disebut spektrofotometer. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline