Lihat ke Halaman Asli

Rahasia Otak Perempuan

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Guys, tau gak sih ternyata otak seorang perempuan mempunyai banyak rahasia yang mungkin kita sebagai perempuan sendiri tidak menyadarinya. Mau tau apa aja rahasia tak perempuan? Mari kita ulas.

Menurut buku yang berjudul Psiko Girlykarya Deasylawati P. Otak perempuan memiliki kemampuan yang sangat unik dan menakjubkan. Dan ternyata kemampuan – kemampuan tersebut sudah ada di dalam diri perempuan sejak lahir lho. Kemampuan – kemampuan tersebut, yaitu:

1. Jago Berbahasa

Setiap otak yang dimiliki oleh seorang anak pada awalnya adalah otak perempuan. Otak tersebut menjadi otak lelaki 2 bulan setelah pembuahan. Sel-sel otak janin bayi perempuan menumbuhkan lebih banyak jembatan-jembatan yang menghubungkan pusat-pusat komunikasi serta area-area yang memproses emosi. Dengan adanya proses ini maka pusat komunikasi pada perempuan lebih besar dibandingkan pria. Nantinya, bayi perempuan akan lebih suka bicara dibandingkan saudara laki-lakinya. Ada penelitian juga yang mengatakan kalau pria menggunakan sekitar 7000 kata perhari, sedangkan wanita menggunakan sekitar 20.000 ribu perhari. Otak perempuan juga menghasilkan ucapan yang lebih cepat matang dibandingkan anak laki-laki. Kenapa? Karena menurut para peneliti, semakin tinggi kadar hormon testosteron pada laki-laki, mengakibatkan semakin rendah kemampuan verbalnya.

2. Dapat Membaca Suasana Hati dan Emosi

Salah satu kelebihan wanita yang jarang dimiliki oleh pria adalah pemahaman tentang suasana hati. Bagi seorang perempuan, hanya dengan memandang wajah, memerhatikan tingkah laku, juga nada suara seseorang, mereka akan mampu menebak apakah orang tersebut sedang senang, marah, sedih, ataukah galau. Pada dasarnya hal pertama yang dilakukan oleh seorang bayi perempuan adalah mempelajari mimik wajah orang yang dilihatnya. Dalam berbagai kajian-kajian ilmu anak. Salah satu kunci untuk mengembangkan ikatan ibu dengan bayinya adalah dengan terpenuhinya kebutuhan saling memandang.

3. Takut Konflik

Penelitian menunjukkan bahwa para perempuan termotivasi untuk meredakan bahkan mencegah konflik. Pemeliharaan dan mempertahankan suatu hubungan dengan segala cara adalah tujuan dari otak perempuan. Biasanya anak-anak perempuan, dalam beberapa menit sejak bertemu, sudah akan bermain bersama, saling mengusulkan permainan, bekerja sama, dan menciptakan suatu komunitas kecil. Anak perempuan biasanya mengunakan bahasa untuk mencapai persetujuan serta memengaruhi anak-anak lain tanpa mengatakan langsung apa yang dimasudkan.

Bagi wanita, mempertahankan hubungan lebih baik dibandingkan berkonfrontasi. Pikiran tentang kemungkinan ada konflik akan dibaca oleh otak perempuan sebagai sesuatu yang mengancam hubungan dan menimbulkan kekhawatiran nyata bahwa percakapan berikutnya dengan teman atau pasangannya akan menjadi percakapan yang terakhir. Sekadar pikiran akan terjadi konflik saja akan mengakibatkan perempuan mengalami stress. Banyak sirkuit otak yang disesuaikan untuk memantau kedekatan hubungan dengan orang lain, dan bila kedekatan terancam, otak akan membunyikan alarm peringatan ‘putusnya hubungan’ dengan keras. Inilah mengapa perempuan lebih takut menghadapi konflik, takut melakukan persaingan, takut menghadapi tantangan dan berbagai macam hal lain yang ‘mampu menimbulkan konflik’ lainnya.

Nah, sekian tadi rahasia tentang otak kita, para wanita, yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Semoga dengan mengetahui rahasia-rahasia tadi, semakin menambah pengetahuan dan iman kita kepada Allah SWT. Aamiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline