Lihat ke Halaman Asli

dyna Lstryy

Mahasiswa

Strategi Optimasi Marketing Mix

Diperbarui: 13 November 2023   04:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Menurut penelitian (Kolter & Armstrong, 2016), bisnis yang memproduksi barang atau jasa dapat memperoleh keunggulan kompetitif melalui pemasaran strategis. Rencana pemasaran berfungsi sebagai landasan cetak biru strategis bisnis. Tujuannya adalah untuk mempelajari strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, mengetahui seberapa baik strategi tersebut bekerja pada saat pendapatan menurun, dan mengevaluasi kemanjurannya. Hal ini sesuai dengan temuan (Hurriyati et al., 2008) yang menyatakan bahwa strategi pemasaran suatu perusahaan dapat digunakan untuk memperoleh keunggulan kompetitif di pasar. Namun, mengingat besarnya permasalahan yang mungkin timbul dalam dunia bisnis, jelas bahwa strategi pemasaran menjadi salah satu landasannya; Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang matang dan dapat difokuskan pada bidang apa pun. Hal ini sejalan dengan temuan (Tjiptono, 2017) yang menggambarkan strategi pemasaran sebagai sarana agar penyedia produk dan jasa dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang bertahan lama. Anda dapat menganggap rencana pemasaran Anda sebagai landasan cetak biru strategis perusahaan Anda.
   Berbeda dengan temuan (Abdillah & Herawati, 2019), (Rokhilawati 2022) mendefinisikan pemasaran digital sebagai promosi suatu bisnis atau produk atau layanannya melalui sarana elektronik. Di zaman sekarang ini, Internet merupakan hal yang sangat diperlukan. Mengingat luasnya pemasaran, khususnya di sektor keuangan, maka pemasaran memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian Muhammad Wildan bertentangan dengan klaim (Alfonz, Bachtiar, & Danang, 2022) dan mendefinisikan pemasaran sebagai "tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk membangun identitas merek di benak konsumen dan memperkuat hubungan dengan konsumen tersebut." Tentu saja, menghasilkan uang bagi perusahaan dan mengembangkannya adalah tujuan utamanya.
  Menarik pelanggan ke produk perusahaan tidak pernah semudah ini dengan bantuan strategi pemasaran digital. Bisnis saat ini mulai beralih dari strategi pemasaran yang sudah ketinggalan zaman dan mengadopsi strategi baru, seperti yang dimungkinkan oleh Internet.
Baik Abdullah (2015) maupun Oktavia (2020) menambah pengetahuan di bidang ini. Misalnya (Bayanullah, 2019) Sejalan dengan temuan Novi Anastasia Purba, bauran pemasaran terdiri dari kumpulan taktik pemasaran yang berbeda namun saling melengkapi yang dapat digunakan bersama untuk memperoleh respons yang diinginkan dari audiens sasaran. Produk, harga, saluran distribusi, promosi, personel, infrastruktur, dan proses adalah contoh alat pemasaran yang kami gunakan di sini. Hasilnya, bauran pemasaran diperjelas melalui dua penelitian ini.
   Penelitian saya membawa saya pada kesimpulan bahwa bauran pemasaran, dan pemasaran secara lebih umum, dapat membantu bisnis memperoleh keunggulan dalam pasar yang sangat kompetitif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline