Lihat ke Halaman Asli

Dyna Analysa

Penulis cerita

Makanan Sehat untuk Mental Sehat

Diperbarui: 21 Juli 2024   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Makanan yang kita pilih untuk dimasukkan ke tubuh  bisa membantu meredakan overthinking atau keadaan mental yang perlu support sistem untuk lebih terjaga. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan mental yang dikumpulkan dari beberapa sumber informasi, yaitu:

1. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi gejala kecemasan.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang almond, kenari, dan biji chia mengandung magnesium dan vitamin E, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi stres.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale kaya akan folat, yang berperan penting dalam produksi serotonin, neurotransmitter yang memengaruhi suasana hati.

4. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, berry, dan jeruk kaya akan vitamin dan antioksidan. Pisang mengandung triptofan, yang dapat membantu meningkatkan mood.

5. Dark Chocolate

Konsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang dapat meningkatkan produksi endorfin dan serotonin, yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline