Lihat ke Halaman Asli

Dyna Analysa

Penulis cerita

Upaya Sederhana Mengikuti Metode Green Building

Diperbarui: 21 Mei 2023   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Green building atau  bangunan ramah lingkungan adalah upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengurangi dampak negatif  terhadap kelestarian alam. Tidak hanya melulu terbatas pada proyek-proyek besar atau perusahaan namum masyarakat umum penting untuk memperhatikannya. Berikut langkah-langkah yang dapat diambil oleh masyarakat umum untuk mengadopsi prinsip green building dalam kehidupan sehari-hari

1. Efisiensi Energi

- Ganti lampu kkonvensional yang  relatif boros energi dengan lampu hemat energi antara lain lampu LED yang lebih efisien.

- Matikan peralatan listrik yang tidak digunakan dan gunakan alat penghemat energi seperti power strip dengan  sakelar, mematikan lampu yang ruangan tidak digunakan atau yang  sudah cukup penerangan.

- Pasang panel surya di atap rumah  untuk menghasilkan energi bersih dan mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil. Meski harga relatif mahal tapi umur panel yg dibrandol lebih dari 10 tahun bahkan ada yg mengklaim 20 tahun lebih sepertinya bukan hal yang berlebih. Bahkan sudah banyak diperjual belikan lampu tenaga surya yang harganya terjangkau.

- Gunakan alat-alat rumah tangga dengan  rating efisiensi energi yang tinggi, seperti kulkas, AC, dan mesin cuci. Untuk diperhatikan harga yang lebih murah pada saat pembelian tapi akan membuat biaya listrik membengkak bukan pilihan yang baik. Selain itu menggunakan alat seperti kulkas, AC dan alat yang lain secara bijak

Kita bisa mengunjungi beberapa artikel yang memberi tips menghemat listrik. Dan hal ini akan kita bahaa di artikel berikutnya lagi karena bermanfaat untuk kita ketahui bersama sama.

2. Penggunaan Air yang Bijak

Mengelola air dengan bijak adalah langkah penting dalam bangunan

- Memperbaiki keran yang bocor dan peralatan sanitasi yang  tidak efisien

- Menampung air hujan untuk digunakan dalam kegiatan seperti menyiram taman atau membersihkan  kendaraan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline