Lihat ke Halaman Asli

Asal Usul Desa Padang Bandung

Diperbarui: 21 November 2023   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kalian pasti pernah dengar dengan Desa Padangbandung desa ini adalah satu desa diantara 26 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Desa yang di aliri sungai bengawan solo yang merupakan Desa yang terletak paling barat di kecamatan Dukun dengan jarang kurang lebih 2 km dari kantor kecamatan Dukun.

Belum ada yang bisa memastikan dengan benar asal usul lahirnya desa padangbandung. Sejarah munculnya nama desa padangbandung sendiri memiliki beberapa versi. Diantaranya sebagai berikut :

Yang pertama, Menurut sejarahnya, asal mula terjadinya dusun padang berawal dari adanya sekelompok orang yang hidup ditengah persawahan atau alas, karena perkembangan zaman, sekumpulan orang tersebut akhirnya menjadi kumpulan yang besar dan hutan yang awalnya lebat akhirnya menjadi Padang (terang) kata orang jawa karena perkumpulan orang tersebut melakukan pembukaan lahan untuk pemukiman.

Yang kedua, Ada yang mengatakan bahwa ketika sekelompok orang yang berada di tengah alas tersebut memutuskan melakukan gotong royong untuk memindahkan permukiman mereka kearah barat / mendekat pada sungai, tetapi sampai matahari terbit kegiatan pemindahan permukiman tersebut belum selesai. sampai akhirnya terucap "wes kedisikan padang" atau "sudah terlanjur padang/terang" yang akhirnya desa terebut diberi nama dusun padang.

Versi ketiga,  adalah ketika zaman dahulu yang masih sering terjadi banjir. Pada saat terjadi  banjir, terdapat sebuah emas yang tenggelam dan terhanyut  banjir, pada saat itu emas tersebut terapung saat malam hari dan sinar rembulan memantulkan cahaya dari emas tersebut kearah wilayah padang. Sehingga masyarakat menyebut wilayah yang diterangi pantulan emas tersebut sebagai wilayah padang (wilayah yang terang).

Jadi itu sedikit dari asal usul dusun bandung yang saat ini mempunyai jumlah penduduk yang lumayan banyak yang terdiri laki-laki 2428 penduduk, Perempuan 2396 penduduk, dengan total seluruh penduduk yaitu 4824. Sampai sekarang desa ini masih ada bahkan semakin maju dan berkembang dan masyarakatnya pun tidak ketinggalan oleh update-update di era globalisasi ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline