Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Pembelajaran di SDN Brenggong

Diperbarui: 16 Januari 2024   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pembelajaran  di SDN Brenggong kelas 1, 2, dan 4 | vecteezy.com

Kegiatan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik yang mana guru sebagai pemberi ilmu atau yang mengajar kan kepada peserta didik terkait materi dari buku yang kemudian dijelaskan secara lisan oleh guru dan diterima oleh peserta didik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Dengan demikian kami melakukan kegiatan wawancara dan observasi di SDN Brenggong pada tanggal  3 Oktober  2023 dari kelas 1, 2 dan 4  untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sana. Kami menemui wali kelas dari kelas 1, 2, dan 4. Dalam kegiatan wawancara kami lebih memfokuskan metode apakah yang digunakan untuk mengajar? kemudian model pembelajaran yang digunakan ? media apa yang sering digunakan? dan media pembelajaran apa yang dibutuhkan saat ini?

Di sekolah yang kami observasi sudah menggunakan kurikulum merdeka yang mana di kelas 1 dan 2 tidak ada mata pelajaran IPA namun, hanya ada muatan IPA saja. Sedangkan untuk kelas 4 sudah ada mata pelajaran IPA.

Kegiatan Pembelajaran IPA di kelas 1

Simulasi pembelajaran Dikelas satu SD N Berenggong menerapkan model pembelajaran inkuiri dan juga menggunakan media pembelajaran pazzel cuci tangan dengan materi "awas kuman" dilakukan di jam 9.00, dalam pembajaran dikelas sangat kondusif dan media yang dibuat cukup untuk membangun minat belajar siswa.

Kegiatan Pembelajaran IPA di kelas 2

Kegiatan Pembelajaran IPA di kelas 2 terletak mata pelajaran seni rupa. Terdapat IPA tentang " Flora dan Fauna" yang mana peserta didik belum bisa membedakan manakah yang hewan dan manakah yang tumbuhan. 

Pada saat Pembelajaran berlangsung dengan kondusif, siswa sangat aktif dalam pembelajaran, pada penampaian materi guru menyelipkan ice breaking sehingga siswa tidak bosan saat pembelajaran, pada saat pembelajaran guru juga menerapkan metode tanya jawab dan model PBL ( problem based learning). Untuk media yang sering digunakan ialah media gambar atau poster, sedangkan media yang dibutuhkan saat ini adalah media yang dapat memudahkan peserta didik dalam membedakan antara flora dan fauna , manakah yang termasuk hewan dan manakah yang termasuk tumbuhan.

 Kegiatan Pembelajaran IPA di kelas 4

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline