Lihat ke Halaman Asli

Dyiena Hanieviya Ouelya

Menulis untuk berbagi inspirasi dan pengalaman

Cara Mengatasi Quarter Life Crisis

Diperbarui: 4 Februari 2023   06:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.pexels.com/

Krisis seperempat abad atau yang kita kenal dengan quarter-life crisis memang sulit untuk dihindari. Meskipun begitu, kamu tidak boleh menyerah dan perasaanmu larut dalam kecemasan, kekhawatiran, dan kebingungan.

Pertanyaan yang bergejolak dalam krisis seperempat abad haruslah ditangani dengan cara yang positif dan produktif. Sebab, krisis ini nyata adanya dan memengaruhi kaum muda dari semua lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, kita tidak boleh mengabaikannya. Kita bisa menemukan cara-cara yang positif untuk mengatasi krisis seperempat abad seperti beberapa cara yang bisa kamu pertimbangkan untuk membantumu melewati quarter-life crisis : 

https://www.pexels.com/

  • Ingat!quarter-life crisis itu normal

Quarter-life crisis merupakan fenomena yang normal,walaupun membuat kita resah. Karena sebenarnya tidak ada yang salah dengan dirimu. Perasaanmu itu valid. Maka, carilah cara untuk mengatasi krisis pencarian jati dirimu.

  • Beri ruang untukmu

Berikan dirimu waktu dan ruang untuk memikirkan segala hal yang membuat merasa terganggu. Kamu bisa memulainya dengan membuat daftar, kalender, pengingat penting yang bisa membantu kamu agar lebih mudah berpikir dan memutuskan lebih jelas.

Jika kamu tidak membuat catatan seperti itupun  kamu tetap harus memberikan waktu dan ruang untuk memikirkan apa yang mengganggumu. Sehingga kamu jadi lebih mudah dalam mengambil keputusan.

  • Definisikan dirimu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline