Lihat ke Halaman Asli

Dyas

Mahasiswa

Pengalaman Mengikuti Kegiatan Asistensi Mengajar di SMAN 1 Bululawang

Diperbarui: 16 Juni 2024   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan Asistensi Mengajar (AM) di Satuan Pendidikan merupakan salah satu program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa kependidikan untuk mendapatkan pengalaman mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diperolehnya dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) langsung di kelas. Selain itu, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman mengenai manajemen sebuah sekolah.

Kegiatan AM di SMAN 1 Bululawang berlangsung mulai tanggal 19 Februari 2024 hingga 10 Juni 2024, dengan total 15 mahasiswa dari tiga program studi Universitas Negeri Malang mengikuti kegiatan ini. Pengantaran mahasiswa AM secara resmi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilakukan pada tanggal 19 Februari 2024 kepada pihak sekolah. Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan masing-masing guru pamong yang bertanggung-jawab membimbing mahasiswa selama kegiatan AM.

Sebagai salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, saya berkesempatan mengajar di kelas X-3 dengan materi perubahan lingkungan. Setelah perkenalan dan pembagian kelas, kami berkesempatan langsung memasuki kelas X-1 dan X-3, dimana guru pamong mengenalkan kami kepada siswa dan kami dapat mengobservasi kondisi kelas. Kegiatan akademik yang dilakukan berikutnya adalah penyusunan perangkat pembelajaran yang dikonsultasikan dan direvisi berdasarkan saran guru pamong. Selama KBM berlangsung, kami juga mendapatkan saran dan masukan terkait kemampuan mengajar dari guru pamong untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Selain kegiatan akademik, kami juga melakukan kegiatan non-akademik berupa piket administrasi, pelaksanaan program kerja, kontribusi dalam acara sekolah, dan publikasi. Piket administrasi meliputi piket tata tertib, resepsionis, tata usaha, dan perpustakaan yang dilakukan bergiliran setiap hari sesuai jadwal yang ditetapkan. Pelaksanaan program kerja yang terlaksana adalah Seminar Edukasi Pra-nikah, photo challenge dalam rangkaian kegiatan KARDARA (Kartini Day Celebration) bersama OSIS, dan penyusunan e-learning mata pelajaran PJOK oleh mahasiswa AM Program Studi PjKR.

Sementara itu, mahasiswa AM juga mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan di sekolah, seperti upacara bendera, upacara memperingati hari besar, kegiatan rutin hari Jumat, rangkaian kegiatan Bulan Ramadhan, dan seterusnya. Kegiatan publikasi yang dilakukan diantaranya pengelolaan media sosial khusus mahasiswa AM SMAN 1 Bululawang berupa Instagram, serta publikasi artikel ilmiah, artikel pengalaman, artikel pengabdian, dan video pendek pengalaman selama AM berlangsung.

Kegiatan AM secara resmi selesai pada tanggal 10 Juni 2024 dengan acara penutupan dan pelepasan mahasiswa AM secara resmi dari pihak sekolah kembali ke pihak kampus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline