Lihat ke Halaman Asli

Motivasi Saya Mengikuti E-Training DOGMIT, "Membuat Video Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Video Maker"

Diperbarui: 23 April 2019   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"Motivasi Anda mengikuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) angkatan 4 tahun 2019 materi "Membuat Video Pembelajaran berbasis Multimedia dengan Video Maker".

Mata pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan sangat merepotkan para siswa, Bagi beberapa orang, belajar matematika adalah hal mengerikan yang selalu ditakuti ketika sekolah. 

Mata pelajaran yang selalu identik dengan angka dan rumus ini sukses membuat banyak orang jadi pusing. Mirisnya lagi, untuk mendapatkan nilai maksimal pada mata pelajaran ini susahnya minta ampun. Asal tidak remedial saja sudah wajib bersyukur. Sebenarnya belajar matematika tidak sesulit yang dibayangkan oleh semua orang. Siapa saja bisa mempelajari materi ini, tidak peduli apakah seorang pelajar sekolah atau siapa saja yang ingin mendapatkan dasar Matematika untuk kehidupannya.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Matematika adalah pelajaran yang mendapatkan peringkat tertinggi dalam hal kesulitan. Akibatnya, sebelum mempelajari materinya pun banyak orang sudah pasrah dan menyerah. Mereka beranggapan kalau Matematika hanya bisa dipelajari oleh mereka yang memiliki otak encer dan langganan juara kelas.
Cara pandang atau mindset tentang Matematika yang salah membuat banyak orang susah memahaminya. Jika sejak awal sudah tidak ada minat, maka belajar sampai bertahun-tahun pun tidak akan ada gunanya. Sebelum mempelajari Matematika, buang jauh-jauh anggapan bahwa materi ini sangat sulit. Anggap Matematika sama seperti pelajaran lain yang bisa dipelajari dan dikuasai dengan mudah.

Maka hampir semua orang akan menghindari pelajaran ini bagaimanapun caranya. Padahal dengan cara yang pas dan tepat kita tetep bisa mempelajari matematika dengan menyenangkan dan menghasilkan nilai yang baik meskipun belum bagus banget.

Tugas para guru matematika juga lah untuk menyampaikan materi secara tepat dan dengan media dan metode yang tepat pula. Sehingga matematika yang dianggap sebagai "momok" dalam pelajaran lambat laun akan menjadi pelajaran yang mengasyikkan. Salah satu cara penyampaian materi matematika supaya menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran dimana siswa juga langsung terlibat. 

Salah satu media pembelajaran yang bisa kita pakai adalah video pembelajaran, dimana DOGMIT kali ini menyampaikan materi Video Maker FX yang sangat pas dengan rintangan yang saya alami terkait pelajaran yang saya ampu. Ini DOGMIT pertama saya, hal awam yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Meskipun begitu saya semangat dalam mengikuti DOGMIT kali ini, selain pelatihan online perdana saya, ini juga dapat mengasah pengetahuan dan keterampilan IT / Komputer saya. Dimana untuk hal ini saya masih sangat perlu belajar, belajar dan belajar lagi.

Dari DOGMIT kali ini saya berharap bisa membuat video pembelajaran untuk mata pelajaran matematika yang bisa menghantarkan siswa saya bisa memahami materi yang akan disampaikan, sehingga bisa mengerjakan soal -- soal yang tersedia dan akhirnya nilai prestasinya juga meningkat. 

Selain itu para siswa juga merasakan pembelajaran yang tidak menggunakan ceramah lagi, tapi melibatkan siswa langsung secara aktif, guru hanya sebagai fasilitator saja pada saat pembelajaran. Semoga dilain kesempatan saya juga bisa ikut DOGMIT lagi dengan materi yang berbeda yang sangat menunjang kegiatan pembelajaran dikelas.

Sekian tulisan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat, mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Salam sehat selalu .....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline