Lihat ke Halaman Asli

Dyah Ramalia Ismaya Dewi

Mahasiswa Universitas Airlangga

Sejarah Perkembangan Kesehatan Masyarakat

Diperbarui: 11 September 2024   02:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : akupintar.id

DYAH RAMALIA ISMAYA DEWI/191241217FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKATUNIVERSITAS AIRLANGGA

Banyak nama tokoh yang mengisi sejarah dunia Kesehatan Masyarakat. Di mana sejarah terus bertumbuh dan berkembang, dipelopori oleh antara lain Edwin Chadwick (Tahun 1842), C.E.A. Winslow (Tahun 1920), John J. Hanlon (Tahun 1964), dan sebagainya. Chadwick pada tahun 1842, mengamati bahwa setengah dari angka kematian anak (mortality rate) dari para keluarga pekerja yang berimigrasi dalam urbanisasi di daerah industri di Inggris, banyak yang meninggal karena kondisi sanitasi yang jelek. Sejak itu ia dikenal mendalami permasalahan kesehatan yang dikaitkan dengan kondisi lingkungan, sehingga ia dikenal sebagai perintis Public Health (Epidemiologi Lingkungan).


C.E.A. Winslow (Tahun 1920) adalah seorang yang meletakkan dasar-dasar bagi modern public health, dengan membuat batasan bagi definisi public health. Hanlon (Tahun 1964) memberikan batasan yang luas tentang pengertian sehat melalui pengertian absolut maupun relatif. Di lain pihak, John Snow (Tahun 1857) , mencurahkan perhatian dalam kesehatan lingkungan dan epidemiologi.


Selanjutnya, dalam perkembangan berbagai konsep dan teori-teori kesehatan masyarakat di kemudian hari, Barton meletakkan sejarah perkembangan dunia kedokteran ke arah tahapan ilmu kesehatan masyarakat. Dalam penjelasannya, ia membagi sejarah dalam empat tahapan yang disebut era berdasarkan tiga kategori pembagian yaitu Purpose and Philosophy, Educational Method, Research Method.


Kesehatan masyarakat pada awalnya merupakan upaya untuk mengatasi masalah sanitasi yang mengganggu kesehatan. Pada abad ke- 18 kegiatan kesehatan masyarakat adalah pencegahan penyakit yang terjadi dalam masyarakat melalui perbaikan sanitasi lingkungan dan pencegahan penyakit melalui imunisasi. Awal abad ke 19 kesehatan masyarakat sudah berkembang dengan baik dan diartikan sebagai upaya integrasi antara ilmu sanitasi dengan ilmu kedokteran. Yang mana ilmu kedokteran merupakan integrasi antara ilmu biologi dan ilmu sosial sehingga dengan perkebangan ilmu kesehatan masyarakat ini dapat diartikan sebagai aplikasi terpadu antara ilmu kedokteran, sanitasi dan ilmu sosial dalam pengobatan untuk mencegah penyakit yang melanda penduduk atau masyarakat.


Ilmu kesehatan masyarakat dikemukakan oleh Edwin Chadwick sebagai pelopor yang paling dikenal dalam gerakan reformasi sanitasi. Pada awal abad ke-20 Winslow (1920) melanjutkan dan mengemukakan ilmu kesehatan masyarakat yang sangat rinci dengan membuat batasan kesehatan masyarakat yang masih relevan sampai sekarang. Ilmu kesehatan masyarakat (Public health) adalah ilmu dan seni dalam mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui usaha pengorganisasian masyarakat untuk memperbaiki sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pendidikan kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis, perawatan untuk diagnosis dini dan pengobatan, pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihatra kesehatannya.


Pertumbuhan dunia kesehatan masyarakat berturut-turut berasal dari suatu zaman (era) yang berlangsung sebelum tahun 1850 disebut "Empirical Era". Ada empat tahap pada era ini yaitu; "Empirical Era" yang berlangsung sebelum tahun 1850, "Basic Science Era" merupakan periode rintisan menghadapi permulaan dunia kedokteran mulai tahun 1850 -- 1900, "Clinical Science Era" pada periode ini mulai muncul ahli-ahli kedokteran dan mulai diperkenalkan pelayanan ke rumah sakit dan balai pengobatan yang berlangsung hingga tahun 1950, "Public Health Era" mulai berkembang sesudah tahun 1950 hingga kini.


Kata Kunci.: Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Penerapan, Perkembangan, Sejarah.

DAFTAR PUSTAKA


E Sianturi, M Pardosi, E Surbakti. 2019. Kesehatan Masyarakat. Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=LQjtDwAAQBAJ&lpg=PA1&ots=QhO8xpouRn&dq=sejarah%20kesehatan%20masyarakat&lr&hl=id&pg=PA2#v=onepage&q=sejarah%20kesehatan%20masyarakat&f=true. [Di akses tanggal 5 September 2024]

Meidiawati, Yosi. "Sejarah Ilmu Kesehatan Masyarakat." Ilmu Kesehatan Masyarakat Dan Pengaplikasian. CV Gita Lentera https://www.researchgate.net/profile/Yosi-Meidiawati-2/publication/383229368_ILMU_KESEHATAN_MASYARAKAT_DAN_PENGAPLIKASIAN/links/66c379c04fa1a106f886710c/ILMU-KESEHATAN-MASYARAKAT-DAN-PENGAPLIKASIAN.pdf#page=9. [Di akses tanggal 5 September 2024]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline