Lihat ke Halaman Asli

Dyah Nurvitasari

Mahasiswi S1 Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan Pembelajaran Buku Dongeng Asal Usul Desa Talok dalam Penguatan Literasi Siswa SD/MI Desa Talok

Diperbarui: 21 Juli 2022   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi: Foto bersama guru, siswa dan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang

Kamis 21/07/2022 Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang melaksanakan program kerja "Gerakan Literasi dan Kelas Terbuka" di SDN 3 Talok. Kegiatan ini melibatkan anak-anak kelas 2 dan kelas 3 dengan tema "Pembelajaran Buku Dongeng Asal Usul Desa Talok dalam Penguatan Literasi Siswa SD/MI Desa Talok". 

Kegiatan dimulai pukul 07.30 bertempat di aula SDN 3 Talok. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua koordinasi yaitu Fadhilah Syahdu Yumna Kharismawan dan dilanjutkan sambutan dari salah satu guru SDN 3 Talok yaitu Ibu Ise Dwi Erliningsih.

Dokumen Pribadi: Sambutan dari ketua koordinasi KKN Universitas Negeri Malang

 Bu Ise menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang karena mengadakan acara ini di SDN 3 Talok, Bu Ise juga menyampaikan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan siswa akan mengenal dan memahami sejarah desa mereka sendiri. 

Setelah sambutan yang diberikan oleh Bu Ise Dwi Erliningsih, acara berlanjut pada pembacaan buku dongeng.

Dokumen Pribadi: Sambutan perwakilan guru SDN 3 Talok

 Anak-anak terlihat sangat antusias dalam mendengarkan, tak jarang pendongeng mengajak interaksi kepada pendengar dengan menanyakan nama tokoh-tokoh yang ada di dalam buku dongeng. Dengan semangat seluruh siswa menjawab pertanyaan demi pertanyaan, tak lupa jargon andalan pemicu semangat siswa selalu menggema dengan nyaring. 

Selain membacakan dongeng, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang juga menampilkan gambar-gambar dari buku dongeng tersebut, anak-anak terlihat sangat antusias melihat gambar-gambar yang lucu di setiap sesinya. 

Setelah pembacaan dongeng acara diisi dengan ice breaking untuk memulihkan semangat anak-anak yang terlihat menurun, tak lupa pemberian hadiah untuk memancing keaktifan dan interaksi yang lebih dari siswa.

 Pemberian hadian ini terpantau berhasil membuat mereka yang tadinya malu-malu untuk maju ke depan menjadi berani maju demi mendapatkan hadiah dari kakak-kakak Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Hadiah yang diberikan bermacam-macam jajan dengan beragam rasa, bentuk dan jumlah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline