Lihat ke Halaman Asli

Dwi Putri Riani

Mahasiswa Jurnalistik - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sasaran, Manfaat, dan Tujuan Retorika Dakwah

Diperbarui: 15 April 2024   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NU Online 

Retorika Dakwah merupakan cabang ilmu komunikasi yang menekankan pada seni berbicara dengan tujuan menyampaikan pengetahuan secara meyakinkan. 

Sasaran Retorika Dakwah

dai-membumi-661c06dc1470934fc90ceb64.jpg

Jakarta Islamic Center

Retorika atau rhetoric adalah ilmu berbicara atau seni berbicara. Dalam sebuah buku "Modern Rethoric" karya Cleanth Brooks dan Robert Penn mendefinisikan retorika sebagai seni penggunaan bahasa secara efektif.

Retorika dakwah adalah gabungan dari kata Retorika dan Dakwah. Menurut Aristoteles, retorika merupakan seni untuk membawakan dan menyampaikan pengetahuan yang sudah ada secara meyakinkan. Sedangkan dakwah, berasal dari bahasa Al-Qur'an, berarti mengajak manusia kepada kebaikan dan petunjuk Allah. 

Sasaran dari retorika dakwah adalah mad'u. Mad'u adalah manusia yang menjadi mitra dakwah atau seseorang yang menerima dakwah, baik secara individu maupun kelompok. Mad'u dibagi menjadi tiga golongan oleh Muhammad Abduh: 

1. Cerdik Cendikiawan

Golongan cerdik cendikiawan yang mencintai kebenaran dan dapat berpikir secara kritis serta dapat secara cepat menangkap dan menyelesaikan persoalan.

2. Awam

Golongan awam, yaitu orang-orang yang belum dapat berpikir secara kritis dan mendalam, belum dapat memahami pengertian-pengertian tinggi.

3. Tingkat Kecerdasannya Diantara Kedua Golongan

Golongan yang tingkat kecerdasannya diantara golongan diatas, yaitu mereka yang disebut mau'idzatul hasanah, membahas sesuatu dengan bertukar pikiran, guna mendorong mereka agar berpikir secara sehat.

Persepsi mad'u mencakup persepsi diri, lingkungan, yang dipelajari, dan budaya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline