Lihat ke Halaman Asli

Dwi Utami Khoirunisa

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Deskripsi Film The Moon

Diperbarui: 19 September 2023   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

The Moon merupakan film dari Korea Selatan yang menceritakan perjalanan dan perjuangan astronot yang bernama Hwang Sun Woo dan dua kawannya yaitu, Cho Yoon Jong dan Lee Sang Won ke bulan. Film ini mengambil latar waktu di 2029 di mana Korea Selatan berusaha untuk mengeksplor bulan. 

Hwang Sun Woo dan dua kawannya menaiki sebuah pesawat penjelajah luar angkasa yang diberi nama Woori Ho. Woori Ho adalah pesawat kedua yang ada setelah sebelumnya pesawat yang diberi nama Narae Ho meledak tak lama setelah diluncurkan.

Dalam perjalanan menuju ke bulan, ada kebocoran bahan bakar. Kejadian itu membuat kedua kawan Hwang Sun Woo tidak terselamatkan. Hwang Sun Woo yang merupakan astronot muda tidak bisa mengoperasikan pesawat penjelajah luar angkasa. Dia dibantu mengoperasikan pesawat oleh petugas KCST (Korean Committee of Space Technology) agar tetap bisa melanjutkan misi ke bulan. KCST memanggil senior-senior seperti Kim Jae Gook yang merupakan mantan insinyur pembuat pesawat Narae Ho dan Yoon Moon Young yang merupakan Direktur Operasional NASA. Mereka sangat berperan penting dalam pembantuan perjalanan Hwang Sun Woo.

Walaupun Hwang Sun Woo akhirnya bisa menuju bulan, banyak sekali rintangan yang ia lalui. Saat ia sudah sampai ke bulan menancapkan bendera Korea Selatan dan berkeliling sebentar, ada hujan meteor yang sangat dahsyat. Dia harus menyelamatkan diri. Rintangan demi rintangan dilalui Hwang Sun Woo dengan tetap optimis bahwa dia bisa kembali ke pesawat dengan selamat dan kembali ke bumi. 

Hwang Sun Woo terus menyelamatkan diri dari hujan meteor yang terus menghujani. Hwang Sun Woo juga terus dibantu oleh petugas KCST dan senior-senior. Hingga akhirnya Hwang Sun Woo bisa kembali ke pesawat untuk segera pulang ke bumi. Akan tetapi, pesawat yang membawa Hwang Sun Woo rusak. Kim Jae Gook terus memberi arahan kepada Hwang Sun Woo mengatasi kerusakan. Sampai tiba pada bagian dari pesawat meledak. Koneksi antara Hwang Sun Woo dan petugas pun putus.

Pemerintah Korea Selatan sudah mengumumkan bahwa Hwang Sun Woo tidak selamat karena sudah tidak bisa dihubungi dan kemungkinan hidup Hwang Sun Woo kecil. Akan tetapi, Kim Jae Gook selaku senior dan juga teman dari ayah Hwang Sun Woo tidak tinggal diam. Ternyata benar bahwa Hwang Sun Woo masih hidup, Hwang Sun Woo mencoba berkomunikasi. 

Hwang Sun Woo meminta tolong dan memberi keterangan bahwa dia ada di pinggir bulan. Kabar gembira tersebut disambut baik oleh Kim Jae Gook dan Han Byul. Mereka berusaha untuk menyambungkan koneksi. Mereka akhirnya tersambung kembali, dengan keadaan Hwang Sun Woo yang sudah tidak sebaik semula.

Semua petugas dan senior memikirkan bagaimana cara agar Hwang Sun Woo dapat kembali ke bumi. Han Byul mempunyai ide dengan mengunggah komunikasi terakhir dengan Hwang Sun Woo ke YouTube. Dengan itu, publik tahu bahwa ia masih hidup dan menyuarakan bahwa Hwang Sun Woo harus diselamatkan. Tidak hanya publik dari Korea Selatan, tetapi dari Amerika Serikat menyuarakan bahwa Hwang Sun Woo harus diselamatkan.

NASA selaku komunitas astronot asal Amerika yang awalnya tutup mata dengan ini akhirnya mau menolong. Hwang Sun Woo ditolong oleh perwakilan NASA agar bisa kembali ke bumi. Akhirnya, perjuangan Hwang Sun Woo bisa terbayarkan dan ia bisa kembali ke bumi dengan selamat.

Kepulangan Hwang Sun Woo merupakan kebanggaan besar bagi Korea Selatan. Publik juga ikut senang dan terharu dengan kepulangan Hwang Sun Woo. Hwang Sun Woo mampu membuat sejarah bahwa Korea Selatan bisa menampakkan kaki di bulan. Hwang Sun Woo juga mendatangi keluarga kawannya yang ditinggalkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline