Lihat ke Halaman Asli

Dwi Urip

TelU Lecturer - Insan Kampus

Pelaporan Keuangan bagi UMK Konveksi Ciganitri oleh Tim Abdimas FEB TelU

Diperbarui: 31 Desember 2023   00:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gb.1; Pembekalan Laporan Keuangan

Sebagai perguruan tinggi ternama di Indonesia Telkom University tetap eksis melaksanakan kiprahnya sebagai perguruan tinggi yang mampu menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu pelaksanaan kegiatan abdimas yang dilakukan oleh aktivitas akademika Telkom University khususnya yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis program studi akuntansi yang baru baru ini dilakukan.

Kemitraan dijalin dengan komunitas UMK Konveksi di wilayah Ciganitri Bandung, dengan kegiatan Abdimas yang diawali dengan kegiatan tepatnya pada tanggal 15 September 2023 di wilayah buah batu, dimana tim abdimas yang beranggotakan Dosen dan Mahasiswa, dalam hal Ini diketuai oleh salah satu dosen civitas program dilakukan yakni Bapak Dwi Urip Wardoyo beserta rekan-rekan, telah melakukan kegiatan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat sasar yakni para pelaku UMK Konveksi Desa Ciganitri Kabupaten Bandung.

Adapun agenda yang pertama adalah pemberian penyuluhan dan pembekalan kepada para peserta tentang pentingnya melakukan pencatatan keuangan dan antisipasi potensi kesalahan dalam pelaporan keuangan, materi ini  disampaikan oleh Bapak Dewa Putra Krisna Mahardika selaku dosen program studi akuntansi. Pada materi yang pertama diketengahkan tentang hal hal yg perlu dan kerap kali harus diperhatikan oleh pengelola pembukuan, Sedangkan pada agenda yang kedua tim abdimas memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para pengurus bumdes Melati desa cipagalo, Yakni dengan menjelaskan tatacara penyusunan Laporan keuangan, materi ini disampaikan oleh Bapak Ali Reza Fahlevi yang juga merupakan salah satu dosen dari program studi akuntansi.

gb.2; Tim dan Peserta Pelatihan

Dalam pemaparannya baik pada sesi 1 maupun pada sesi 2 para audiens merasa sangat begitu antusias dalam mengikuti acara yang diselenggarakan oleh tim abdimas ini. Mereka menganggap bahwa materi ini benar-benar relevan dan sangat dibutuhkan serta sangat membantu aktivitas bisnis dan keuangan yang dijalankan oleh para pelaku usaha khususnya Para pengurus bumdes melati desa cipagalo Kabupaten Bandung. Mereka sangat berharap bahwa acara kegiatan ini dapat berlanjut dan berkesinambungan. Hal ini menunjukkan bahwa upaya maupun kegiatan yang telah berjalan terkait khususnya dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dapat dinilai berjalan secara efektif serta tepat sasaran bagi masyarakat khususnya para pengguna maupun pelaku usaha.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline