Lihat ke Halaman Asli

Orang yang Tak Pernah Lupa

Diperbarui: 25 Juni 2015   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Anda mungkin berpikir bahwa orang dengan ingatan yang luar biasa adalah orang yang hebat. Solomon Shereshevskii (SS) seorang wartawan di Moskwa yang mempunyai ingatan luar biasa dan menjadi terkenal karena dijadikan subjek penelitian seorang ahli psikolog klasik, Alexander R. Luria dalam bukunya (…..).

Sayangya SS tak sedikitpun merasa bangga atas kemampuan yang dimilikinya tersebut. Bayangan-bayangan yang terus menumpuk dalam pikirannya akhirnya malah seperti melumpuhkan dirinya, SS dengan sia-sia menghabiskan begitu banyak waktu dan energi untuk merumuskan berbagai teknik agar bisa melupakan dan mengurangi tekanan pikirannya.

Meskipun SS berpindah-pindah pekerjaan dalam upayanya menemukan tempat yang tepat, akhirnya dia memilih menjadi seorang pemacu ingatan profesional, dan bekerja dalam suatu kelompok sirkus yang mempertontonkan kehebatannya dalam mengingat. Mungkin, yang bisa kita ambil dari kasus tadi adalah kisah hidupnya yang biasa.

Bagi seseorang yang mempunyai ingatan yang luar biasa seperti SS, berbanggalah karena itu merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME. Jangan jadikan itu sebagai suatu beban mental, tapi manfaatkan kelebihan itu dengan sebaik mungkin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline