Lihat ke Halaman Asli

Mendidik Karakter Calon Pemimpin, Melatih Murid Jadi Pembicara Publik

Diperbarui: 12 Januari 2018   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona


Salah satu aktifitas yang sangat saya nikmati di SMKN 50 Jakarta adalah proses melatih murid menjadi pembicara publik, dikemas dengan berbagai nama, misalnya; literasi, kultum, ceramah, debat, kampanye, dsb.

Menjadi pembicara di depan ratusan orang adalah sesuatu yang tak mudah, apalagi untuk remaja ... betapa banyak kita lihat pemimpin yang menyampaikan pidato hanya seperti membaca teks yang sudah dipersiapkan, menyiapkan pemimpin dilakukan sejak anak di rumah, sekolah dan perguruan tinggi, salah satu skill yag harus dimiliki pemimpin adalah berbicara di depan publik.

Seperti yang terjadi pada hari Jumat 120118 pagi, sebelum jam pelajaan dimulai semua murid SMKN 50 Jakarta duduk di lapangan upacara mendengar beberapa temannya menyampaikan sesuatu, bicara di depan lebih dari 600 murid dan guru itu sesuatu yang luar biasa

Dan bakal dikenang sepanjang hayat, saya mendokumentasikannya serta menyimpannya di instagram dan youtube, dengan harapan murid yang menjadi pembicara, orang tuanya, serta semua murid yang hadir saat itu bisa menikmati proses belajar di sekolah yang bermanfaat buat kehidupan mereka yang akan datang, kalo kamu?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline