Lihat ke Halaman Asli

Dwi SofianaAyuningtyas

Undergraduated Student Occupational Safety and Health Faculty of Public Health Diponegoro University

Memperkenalkan Platform Digital Exovillage untuk Mempromosikan Desa Wisata Kemiri di Kabupaten Jember

Diperbarui: 26 Desember 2021   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Wisata Kemiri

Menu Sate Jamur Hasil Budidaya di Rumah Jamur

Jember Coffee Centre

Desa Wisata Kemiri  merupakan desa yang terletak di lereng Gunung Argopuro, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Desa Kemiri merintis menjadi Desa Wisata sejak akhir tahun 2019 dimulai dengan membentuk Pokdarwis. Sayangnya pada awal tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia dan tentunya Jember. Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor, tidak hanya pada kesehatan, namun termasuk juga sektor pariwisata. Berbagai hambatan, pembatasan, perintisan dan pergerakan desa wisata juga menjadi masalah. Desa wisata merupakan salah satu pilihan wisata yang memiliki seni dan nilai sendiri bagi setiap orang, setiap desa wisata memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Pada platform Exovillage ini membantu desa wisata menyajikan informasi, promosi, publikasi, dan marketing kepada khalayak umum tentang desa wisata dan spot-spot yang ada di desa tersebut.

Dwi Sofiana Ayuningtyas  mahasiswa Undip yang melakukan KKN Tematik bekerja sama dengan Exovillage dalam Kampus Merdeka di Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Mahasiswa membantu dalam proses literasi digital, explorasi, promosi desa wisata Kemiri menggunakan platform Exovillage. Mahasiswa mengajak dua kader desa dari Pokdarwis membuat akun Exovillage untuk mempublikasikan Desa Wisata Kemiri. Pada Minggu, 28 November 2021 bersamaan dengan pelaksanaan Social Project PK-174 LPDP,  mahasiswa melakukan sosialiasi tentang Exovillage sebagai platform desa wisata yang dapat digunakan oleh semua orang. 

Pemaparan Platform Exovillage

Sesi Tanya Jawab dengan Masyarakat Desa Kemiri

Masyarakat menyambut senang dan terbuka adanya platform digital dalam upaya mempromosikan Desa Wisata Kemiri. Fitur yang ada di Exovillage diantara Desa Wisata, destinasi, kuliner, toko sovernir, dan Exomarket sebagai media digital marketing. Harapan masyarakat selain mempromosikan Desa Wisata Kemiri, juga dapat memesan tiket atau paket wisata agar lebih terintegrasi dalam proses pengelolaan dan operasional pemesanan paket wisata. 

Foto bersama Kader dan Masyarakat Desa Wisata Kemiri bersama PK-174 LPDP

Pengabdian Masyarakat adalah harga sewa yang harus kita bayar karena tinggal di bumi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline