Lihat ke Halaman Asli

KKN 122 UINSU

MAHASISWA

Mahasiswa KKN 122 UIN SU Mengadakan Pojok Baca disekolah SD Negeri 054917 Desa Kebun Kelapa

Diperbarui: 22 Agustus 2024   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pojok Baca Bersama seluruh siswa/i SD Negeri 054917

Dok. 1 Penanggung Jawab Pojok Baca

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 122 UIN SU mengadakan kegiatan pojok baca bersama seluruh siswa/i SD Negeri 054917 kebun kelapa, Pelaksanaan kegiatan 16 Agustus 2024. merupakan salah satu program kerja yang telah dirancang oleh mahasiswa kkn 122 Uinsu.

Pojok Baca adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang merujuk pada suatu area atau sudut khusus yang disediakan untuk membaca. Biasanya, pojok baca dilengkapi dengan berbagai macam buku, majalah, atau bahan bacaan lainnya, serta tempat duduk yang nyaman untuk membaca. Pojok baca bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti di rumah, sekolah, perpustakaan, atau tempat umum lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan membaca dan meningkatkan minat baca di kalangan Masyarakat.

Pojok Baca ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran dan peningkatan literasi siswa. perencaan yang dilakukan mahasiswa yaitu dengan merancang tata letak pojok baca agar menarik. menggunakan rak buku, meja kecil, karpet untuk menciptakan suasana yang nyaman. Sertakan elemen dekoratif seperti poster,gambar dan mading untuk menambah data tarik visual.
dan Membuat aturan pojok baca, seperti batas waktu membaca, cara merawat buku, dan aturan kebersihan.

Kegitan terjadwal oleh seluruh peserta kkn 122 Uinsu dengan melaksanakan jam membaca sesi membaca bersama di pojok baca, di mana siswa dapat memilih buku favorit mereka, Diskusi buku setelah membaca diskusi atau berbagi cerita tentang buku yang telah dibaca, Cerita Bergilir pada sesi ini seluruh peserta KKN UINSU menceritakan buku dogeng kepada seluruh siswa SD negeri 054917, Memberikan pertanyaan seluruh peserta KKN 122 UINSU memberikan pertanyaan kepada siswa SD Negeri 054917, setiap siswa yang biasa menjawab mendapatkan penghargaan, Penutupan acara penutupan ini menampilkan hasil kegiatan yang telah dilakukan, dan foto bersama seluruh siswa SD Negeri 054917.

Evaluasi terhadap keberhasilan pojok baca dengan mengumpulkan masukan dari siswa, guru. evaluasi ini bisa mencakup hal-hal seperti peningkatan minat baca siswa, efektivitas kegiatan, dan keberlanjutan pojok baca. dengan pelaksanaan pojok baca ini di SD Negeri 054917 dapat menjadi tempat yang menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan literasi dan kreativitas siswa.

Meningkatkan minat baca seluruh siswa SD Negeri 054917, Pojok baca ini dirancang agar seluruh siswa SD Negeri sering untuk membaca, mendorong kebiasaan membaca sejak dini dan memperkuat kebiasaan membaca dalam masyarakat. memperluas pengetahuan, mendukung pendidikan karakter, mengurangi kesenjangan akses terhadap bacaan.

Melalui bacaan seluruh siswa SD Negeri dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka, dengan membaca buku dapat memperkaya kosakata yang bernafaat untuk komunikasi lisan dan tulisan. manfaat-manfaat ini menjadi alat efektif dalam mendukung perkembangan akademik dan pribadi siswa SD Negeri 054917.

Reporter : Dwi Setia Ningsih 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline