Lihat ke Halaman Asli

Dwi Septya Ningrum

Jangan cepat puas, terus belajar dan jadilah seperti gelas kosong.

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Diperbarui: 19 September 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebersihan lingkungan merupakan suatu tanggung jawab yang harus dilakukan bagi setiap warga di wilayah tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih akan membawa kita kepada hidup yang lebih sehat. Lingkungan yang bersih mencerminkan kualitas warga itu sendiri.

Tinggal di lingkungan yang bersih menjadikan hidup lebih terasa nyaman, namun sebaliknya jika kita tinggal di lingkungan yang kotor akan membuat hari-hari kita menjadi tidak nyaman. Lingkungan yang kotor pun tidak akan enak di pandang oleh mata, kebayangkan jika di lingkungan kita banyak sampah yang berserakan? Selain tidak enak dipandang, juga akan tercium bau yang tidak sedap.

Kebersihan lingkungan dan manfaatnya bagi kehidupan sangat nyata adanya. Tak heran jika seluruh pemerintah dari berbagai negara berlomba-lomba untuk menggerakkan warganya dalam hal menjaga lingkungan. Kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan dan manfaatnya juga sudah harus dibangkitkan sejak dini.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Contohnya seperti rajin membersihkan kamar, membersihkan ruang tamu, gudang, dan halaman rumah. Rumah yang tidak sering di bersihkan akan menjadi sarang nyamuk dan sarang laba-laba.

Menjaga kebersihan penting dilakukan agar terhindar dari bencana alam, karena mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Seperti contohnya dengan tidak membuang sampah sembarangan kita bisa terhindari dari bencana banjir. Dengan upaya-upaya tersebut, lingkungan akan menjadi lebih bersih dan kita juga berkontribusi dalam menurunkan risiko penyakit berbahaya.

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan:

1. Menghindari Penyakit Menular

Hal ini bisa dilihat dengan masih banyaknya persebaran penyakit akibat lingkungan yang tak bersih ini. Dengan melakukan upaya pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, BAB sembarangan, dan lain sebagiannya, masyarakat akan mampu untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut. Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tentram.

2. Lingkungan Lebih Nyaman

Lingkungan yang bersih akan membuat kita terasa lebih nyaman saat berada di lingkungan tersebut, untuk membuat tempat tinggal menjadi lebih bersih dan layak ditempati, kita perlu melakukan gotong-royong dalam kebersihan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline