Lihat ke Halaman Asli

Dwi Rizki Oktaviani

Digital Marketing

Berbagi adalah Hal yang Indah

Diperbarui: 10 Januari 2016   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum wr, wb. Sebelumnya artikel ini sudah pernah saya posting pada bulan lalu. Pertama-tama saya akan menjelaskan, mengapa saya menulis kembali artikel ini? Dan kenapa kegiatan ini dilakukan?. Baik, saya selaku siswi SMAN 16 Bekasi ingin menulis kembali karena, ada tugas mata pelajaran sosiologi, dan kegiatan ini dilakukan karena, remedial mata pelajaran tersebut. Maka, dari itu diadakannya kegiatan ini dan pameran foto disekolah. Bakti sosial ini diadakan Panti Asuhan Abdul rahim Ketait di daerah jatiasih, bekasi selatan.

Tahap persiapan dimulai dari survey beberapa tempat di daerah bekasi oleh tim survey dan ketua pelaksana. Setelah, mendapatkan 3 tempat kami sepakat memilih panti asuhan dijatiasih. Lalu, kami mengadakan rapat untuk memilih panitia kegiatan ini. Sebagai ketua pelaksana yaitu Muhammad Agung Ramadhan. Panitia games : Adryan Alif Naufal, dwie ryzky, M. Abid Hadi, Ismi Gaia, Tri Elman, Rista Millinea. Lalu dilanjutkan panitia Konsumsi: Amalya putri, Bella ayu, azizah khalishah, adelia kurnia. Panitia hiburan : Athanasius gamaliel, fahreza kholid, devi savitri (mc) dan panitia dokumentasi : M. Farhan, Zefanya pasca keyzo, Reihan malik hassan. setelah memilih, saya akhirnya terpilih menjadi pembuat laporan hasil kegiatan bakti sosial ini.

Tahap kedua, saya dan teman-teman menentukan acara apa saja yang akan kita lakukan. Kegiatan pertama yaitu pembukaan dari (mc), pembacaan doa dan sambutan serta perkenalan. Lalu, rangkaian games, ishoma, dan hiburan - pembagian hadiah serta yang terakhir penutupan.

Tahap ketiga, kita menentukan estimasi dana untuk kegiatan ini. Akhirnya, telah diputuskan Rp. 30,000 untuk 37 siswa ditambah lagi 21 siswa Rp. 20,000. Setelah dana terkumpul kita membuat apa saja yang akan dibeli yaitu : tempat pensil 15 buah, note/binder 3 buah, snack top 2 dus, snack serena 2 pack, nasi box + ayam bakar sebanyak 30 box, aqua gelas 2 dus, perlengkapan menulis 6 pack, dan trashbag 1 pack.

Rapat Kedua, kita membahas tempat panti untuk acara games. Disaat inilah banyak pertikaian antar panitia untuk memutuskan games-edukasi apa yang lebih cocok dipanti asuhan tersebut. Ketika rapat ada yang setuju dan tidak setuju. Akhirnya kami memutuskan ada 6 games yaitu 3 outdoor dan 3 cadangan indoor.kurang lebih persiapan kegiatan bakti sosial ini membutuhkan seminggu.

Sebelum hari h, kami disibukkan dengan kegiatan remedial lainnya, dan membeli barang-barang untuk bakti sosial. Mulai dari keliling mencari barang yang pas dengan biaya yang sudah dikumpulkan. Hampir seluruh kelas X di SMAN 16 Bekasi , saya membuat acara ini berbagai panti didaerah bekasi, dengan alasan yang sama karena, kami remedial. Untuk kelas saya diadakan pada tanggal 13 Desember 2015.

Tepat pukul 05.00 wib, saya sudah terbangun untuk bersiap-siap berkumpul disekolah terlebih dahulu, dan kelas kami mempunyai dresscode black-grey-navy. Kita berkumpul pukul 08.00 wib. Setelah, lama menunggu saya dan panitia games berangkat terlebih dahulu untuk menyiapkan perlengkapan games. Kurang lebih 15 orang sudah ada dipanti. Terlihat anak-anak panti sedang bersiap-siap untuk acara.

Jam 10.00 wib, acara sudah mulai pertama-tama mc menyambut kepada pengurus panti dan anak-anak panti, setelah itu kami berdoa bersama agar acara sukses tanpa kendala yang dipimpin oleh pengurus panti. Setelah berdoa, kami ingin mengetahui nama-nama anak-anak panti, awalnya mereka sangat malu untuk memperkenalkan diri tapi, akhirnya setelah kami merayu agar mau dan memberi hadiah kepada yang sudah memperkenalkan diri, sama kami juga malu karna, mereka meminta ya sudah kami mau.

Lalu, sudah selesai kami bersiap-siap untuk games pertama yaitu main kelereng estafet berkelompok. Terbagi menjadi beberapa kelompok. Ramai sekali kompaknya mereka mengikuti games. Dilanjutkan games hingga games terakhir. Saat selesai games, tepung dibuat mainan oleh anak - anak dan ditempelkan kepipi siswa hingga mengajar kesana-kesini yang sedang beristirahat.

Saat sedang beristirahat kami bersiap-siap untuk sholat berjamaah. Untuk laki-laki di masjid dekat panti, sedangkan perempuan di aula panti. Setelah, sholat kita berkumpul di Aula untuk makan bersama. Saya sendiri pun berbagi lauk dengan anak panti. Setelah selesai makan kami berkumpul dihalaman belakang untuk menyaksikan hiburan dari fahreza, gama, dll. Dengan menyanyikan d'masiv - jangan menyerah dengan bersama- sama. Lalu, ada 2 anak panti yang juga bernyanyi di hadapan kami semua.

Setelah selesai hiburan bersama saatnya pembagian hadiah untuk juara-juara. Mereka pemenang sangat gembira mendapatkan hadiah. Setelah itu, penyerahan secara simbolis oleh wali kelas kami kepada pengurus panti. Lalu, kami berfoto bersama dan pamit untuk pulang. Mereka terlihat sedih, karena kami mau pulang. Tapi, kita sudah senang dapat berjumpa bersama mereka semua. Kami pun melambaikan tangan dan mengucapkan terima kasih dan "say good bye".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline