Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Videografi Pembelajaran dan Management Youtube berbasis Android bagi Guru SMP Muhammadiyah 4 Malang

Diperbarui: 15 Januari 2024   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Untuk menyikapi dan menghadapi tantangan dunia pendidikan abad 21. Pada hari senin (5/09) dilaksanakan workshop Pendampingan Videografi Pembelajaran dan Management Youtube berbasis android bagi guru di SMP Muhammadiyah 4 Malang yang diselenggarakan oleh TIM Pengabdian Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Bersama Ibu Jesy Diah Rahmawati, M.Pd selaku kepala sekolah, para guru dan staf ikut serta menghadiri kegiatan workshop pelatihan dengan pemateri Bapak Agung Deddiliawan Ismail, M.Pd. dan Ibu Minatun Nadlifah, M.Pd. Kedua pemateri tersebut juga merupakan Tim Pengabdian Masyarakat SMP Muhammadiyah 4 Malang. Kegiatan pelatihan juga mengajak mahasiswa PMM UMM Kelompok 199 untuk berpartisipasi dalam mendampingi peserta dalam pelatihan.

img-20230124-wa0003-63cf89e04addee5b3258b344.jpg

"Kegiatan workshop ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap minggunya dan terintegrasi dengan kegiatan PMM yang berlangsung untuk meningkatkan pemahaman guru sebagai pendidik tentang bagaimana memberikan pembelajaran berupa materi yang dibentuk dalam video yang dapat dipelajari oleh siswa dan disimpan sebagai arsip sekolah" ujar Bapak Agung selaku pemateri dan dosen UMM.

Di awal pelatihan para peserta dibekali dengan teori serta praktik langsung dalam pembuatan video pembelajaran yang interaktif dan menarik. Selanjutnya para peserta diajak untuk mengedit menggunakan kinemaster di ponsel pintarnya, "soalnya kinemaster itu bisa digunakan dimana saja, kapan saja, saat kita membutuhkan. Sebenarnya ada banyak aplikasi android gratis yang bisa dimanfaatkan misalnya capcut, adobe premiere clip dan masih banyak lainnya" ujar Bapak Agung sebagai pemateri.

Pelatihan yang dilaksanakan tidak berhenti pada praktik pengambilan dan editing video saja, Namun dilanjutkan juga dengan pelatihan managemen youtube berbasis android yang dipandu oleh Ibu Minatun Nadlifah, M.Pd. yang juga merupakan pemateri. "Setelah video di edit menggunakan kinemaster dan sudah siap, kemudian diunggah ke laman youtube sekolah supaya lebih mudah diakses siswa dan menjadi arsip sekolah" ujar Ibu Mina sebagai tutor laman youtube dan dosen UMM. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan sekaligus praktik yang dilakukan pada hari itu. Meskipun pihak sekolah juga memiliki jadwal yang padat dengan kegiatan-kegiatan sekolah namun para peserta yang mayoritas adalah guru berusaha mengikuti kegiatan pelatihan sampai selesai.

Dokpri

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan, pendampingan dalam pembuatan sampai upload video pembelajaran pengunggahan video ke laman youtube dipandu oleh Mahasiswa UMM Firnanda Safira Wulandari dan Dwi Rahmawati Fajrin yang diketahui dan selalu dipantau oleh Tim Pengabdian. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan dimulai bulan Juli hingga Desember 2022. Yuk intip kanal youtube yang berisi video pembelajaran di SMP Muhammadiyah 4 malang, berikut linknya https://www.youtube.com/@smpmuhammadiyah4malang994

Dokpri

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline