Lihat ke Halaman Asli

dwi rahma

Mahasiswa Stikosa-AWS Surabaya

Deskripsi Mengenai Jurusan Public Relations

Diperbarui: 10 September 2022   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Menurut Danandjaja, Public Relations atau dikenal dengan Hubungan Masyarakat (Humas) adalah salah satu bidang spesialisasi dalam ilmu komunikasi yang menitik beratkan kepada usaha menumbuhkan saling pengertian dan kerjasama anatara publik pada suatu instansi atau perusahaan.

Peran Humas atau Humas sangat penting dalam kehidupan modern. Namun, banyak orang yang tidak mengerti cara menggunakannya. Ini karena orang yang berbeda menerapkan konsep secara berbeda dan semua aplikasi valid. 

Hubungan masyarakat digunakan dalam bisnis, pemerintahan, dan organisasi non profit. Ini dapat membantu mempromosikan merek, menciptakan citra publik yang positif, dan memahami publik. Di satu sisi, PR seperti mengelola komunikasi publik  sendiri.

Peran utama humas adalah menciptakan dampak positif bagi masyarakat. Banyak organisasi menggunakan PR untuk mempromosikan produk atau kegiatan mereka. Hal ini termasuk bisnis, pemerintah, dan organisasi non profit. 

Hubungan masyarakat (humas) atau public relations sangat penting untuk membentuk budaya dan membimbing orang menuju keputusan terbaik. Intinya, hal ini memengaruhi kehidupan sehari-hari setiap orang melalui pesan yang dibuat dengan cermat.

Karena itu, peran humas dalam masyarakat menjadi lebih penting seiring dengan pertumbuhan masyarakat. Di negara-negara dengan kekayaan ekonomi kurang, pengaruh budaya lebih besar daripada di negara-negara kaya. Hal ini membuat penting bagi organisasi untuk berkomunikasi dengan warga secara akurat dan positif.

Organisasi juga menggunakan PR untuk menanggapi hal seperti bencana alam, penanganan isu, atau masalah lainnya. Hal ini terutama berlaku di negara-negara berkembang di mana akses ke media terbatas atau tidak ada sama sekali. 

Sangat penting untuk memberi tahu publik tentang keadaan darurat seperti mencari orang hilang dan hewan peliharaan dalam hal bencana alam. Kegagalan komunikasi dapat menyebabkan kesalahan besar setelah bencana besar; dan sementara upaya pemulihan akan lebih lambat tanpa penjangkauan ini, pasti akan jauh lebih berhasil setelah orang dapat berkomunikasi lagi.

Memahami cara menggunakan hubungan masyarakat itu sulit kecuali mengetahui cara kerjanya. Namun, siapapun dapat memperoleh manfaat dari peningkatan pemahaman tentang pesan yang dikirim melalui berbagai media. Pada akhirnya, kampanye PR yang dilakukan dengan baik dapat memiliki dampak besar pada budaya dan masyarakat secara keseluruhan.

Beberapa humas dalam suatu instansi atau perusahaan yaitu:

  • Membangun citra perusahaan
  • Membangun hubungan yang baik antar perusahaan, masyarakat, pers, pemerintahan, hingga pemegang saham
  • Sebagai penyelesai masalah yanag terjadi dalam perusahaan



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline