Lihat ke Halaman Asli

Dwi Puji Rahayu

Mahasiswa/ Universitas Islam Malang

Edukasi Mengenai Pelestarian Lingkungan Guna Menjaga Eksistensi Wisata Pantai Ujong Blang

Diperbarui: 28 Februari 2023   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) Universitas Malikussaleh, kelompok 6  Modul Nusantara menggelar kegiatan kontribusi sosial yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan akhir Modul Nusantara yang bertujuan untuk memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat sekitar yang memerlukan bantuan. Kegiatan kontribusi sosial ini dilakukan di Pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh yang dilaksanakan pada hari Sabtu- Minggu (12 November- 13 November 2022) untuk aksi bersih pantai dan pada hari Sabtu- Minggu (26 November 2022- 27 November 2022). Dalam kegiatan tersebut dihadiri 20 mahasiswa Modul Nusantara didampingi dosen Modul Nusantara PMM-2 Kelompok 6 "Ceudah", Bapak Boby Rahman, S. Sos., M. Si dan mentor kak Tri Sabarani

Kegiatan kontribusi sosial yang telah dilaksanakan ini tentang edukasi kepada masyarakat mengenai pelestarian lingkungan guna meningkatkan eksistensi wisata pantai Ujong Blang dengan dilanjutkan aksi bersih pantai dan menanam mangrove di sekitar pinggir pantai, sebagai upaya mengurangi sampah di kawasan wisata berjalan dengan baik walaupun kurangnya partisipasi dari masyarakat di sekitar pantai Ujong Blang dan masyarakat yang belum memperhatikan mengenai pengelolaan sampah. Seperti apa yang direncanakan, kegiatan kontribusi sosial ini dibagi atas dua kegiatan yaitu edukasi dan dilanjut dengan aksi bersih pantai serta penanaman mangrove. Seluruh mahasiswa kelompok 6 Modul Nusantara Universitas Malikussaleh memberikan aksi dan memberikan contoh mengenai pengelolaan sampah yang dapat bernilai jual tinggi atau dapat dimanfaat untuk berkelanjutan.

Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kegiatan pada tanggal 12 November- 13 November 2022, kelompok 6 Modul Nusantara yaitu melakukan "Edukasi Mengenai Pengelolaan Sampah Dan Aksi Bersih Pantai". Pengimplemestasi yang diberikan yaitu dengan mempraktekkan cara mengolah sampah organik misalnya daun- daun yang kering atau bahan sisa makanan yang sudah basi kemudian ditimbun beberapa hari dan hasilnya nanti dapat menjadi pupuk kompos, yang mana dari contoh praktek tersebut dalam hal bahan sangat mudah dicari dan pupuknya dapat bermanfaat untuk kedepannya serta dapat berjual tinggi, serta memberikan edukasi bahwa sangat penting untuk menjaga pelestarian lingkungan dan dilanjutkan dengan aksi bersih pantai karena hal tersebut juga berimpcat untuk kualitas potensi kedepannya jika tidak dijaga dan dirawat maka akan rusak.

Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kegiatan pada tanggal 26 November- 27 November 2022, kelompok 6 Modul Nusantara yaitu "Menggalakkan Penanaman Mangrove di Sekitar Pesisir Pantai". Karena seperti yang diketahui bahwa di dekat pesisir pasti sering terjadinya abrasi sehingga dengan adanya penggalakan penanaman mangrove ini dapat menimalisir terjadi anjir di daerah pesisir pantai.

Dengan adanya edukasi tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai cara mengolah sampah dan mengerti bahwa akan pentingnya pelestarian lingkungan apalagi di daerah pesisr pantai yang mana hal tersebut dapat berimpact dalam aspek ekonomi karena banyaknya penjual yang ada di sekitar pantai menambah income masyarakat sehingga dari hal kecil mengenai pelestarian lingkungan harus ditingkatkan karena hal tersebut demi kenyamanan pengujung jika di dalam pantai tersebut lingkugannya sehat, nyaman pasti akan berkunjung kembali begitupula sebaliknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline