Lihat ke Halaman Asli

Dwi OktaRani

Guru di TKIT Al-Azhar OKI

Media Pembelajaran Big Book untuk Literasi Awal Anak Usia Dini

Diperbarui: 17 November 2022   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Proses belajar anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah media pembelajaran yang dipakai guru. Menurut Kustandi & Sutjipto (2016) Media pembelajaran adalah suatu alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna . Media pembelajaran sangat membantu guru dan anak dalam optimalisasi proses belajar dan mengajar. bahkan dalam prosen kegiatan belajara berlangsung guru tidak lepas dari media pembelajaran. Media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep dari materi yang dipelajarinya (Abidin, 2015:255). Akan tetapi, hal tersebut dapat tercapai jika guru menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai kebutuhan siswa dalam pembelajaran.

Penggunaan media pembelajaran yang tepat diperlukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar anak pada abad 21 ini . Media pembelajaran pada abad 21 dikenal dengan adanya media literasi, Media literasi berkaitan dengan keterampilan literasi. Anak mulai mengenal huruf dan belajar membaca kata perkata.

Salah satu media literasi yang dapat digunakan oleh guru pada saat pembelajaran membaca permulaan yaitu media big book. Big book merupakan salah salah satu media pembelajaran visual yang berkarakteristik khusus di antara media pembelajaran lainnya. Menurut Madyawati (2016: 174) “big book adalah buku bergambar yang dipilih untuk diperbesarkan, yang memiliki karakteristik yang khusus, yaitu adanya pembesaran teks maupun gambar”.

Jadi dapat disimpulkan Big book merupakan media pembelajaran berupa buku bacaan berukuran besar, berisi tulisan beserta ilustrasi gambar yang berukuran besar dan saling berkaitan untuk menarik dan mendukung pemahaman anak terhadap isi bacaan.

dokpri

Big book memiliki kelebihan jika digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan (literasi membaca).  Menurut Abidin (2015: 270) melalui media pembacaan big book anak dapat menghubungkan teks dengan cara pengucapanny. Hal itu dapat terjadi karena dalam big book selain memuat ilustrasi gambar yang menarik juga disertai cerita dengan ukuran yang besar sehingga memudahkan anak dalam menghubungkan teks dengan cara mengucapkan kata perkata. Selain itu, kelebihan lainnya daripada media pembelajaran dengan big book ini yaitu adanya interaksi dan komunikasi antara anak dan guru melalui kegiatan membaca bersama.

Selain kelebihan dalam hal membaca, penggunaan media big book dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk meniru realitas melalui objek simbol dan gambar pada big book. Hal ini gambar adalah bentuk fungsi semiotik yang dapat dianggap setengah jalan antara permainan simbolik dan citra mental sehingga dengan menggunakan buku bergambar, dapat dikatakan bahwa anak-anak telah bermain permainan simbolik, yang berfungsi untuk memberikan kesenangan dan autotelisme dan seperti gambar mental diupaya mereka untuk meniru realitas (Piaget & Inhelder, 2010: 72).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline