Lihat ke Halaman Asli

Dwi Novita S

oh nothing

Pengalaman Menggunakan Media Konvergensi di Era Digital

Diperbarui: 15 April 2021   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

DWI NOVITA SARI (ILMU KOMUNIKASI)

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Media konvergesi merupakan media dari beberapa gabungan dari media seperti radio, televisi, surat kabar, internet, ke suatu media tunggal. Konvergensi berasal dari Bahasa inggris yaitu convergence yang berarti bersatu atau persatuan, sedangkan media adalah sarana penghubung dalam menyampaikan informasi. Konvergensi media disebabkan karena perkembangan teknologi komunikasi digital terutama internet, jadi selama internet masih terus berkembang tidak menutup kemungkinan bahwa konvergensi media juga berkembang karena internet merupakan media tumbuh dan berkembangnya konvergensi media. Hal ini membawa dampak positif maupun negatif karena terganyung oleh masing-masing individu dalam menyikapi perkembangan ini.  

Sebagai contoh pada saat ini adanya media konvergensi kita dapat mengakses berita dari media mana saja yang dengan mudah dapat kita jangkau seperti youtube, Instagram. Twitter, Tiktok, dan masih banyak lagi. Contoh lain adalah smartphone, saat ini smartphone juga sudah banyak dibekali fitur-fitur yang canggih dan sudah mudah untuk menghubungkannya ke internet. Dan sudah bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam bermedia. Selain sebagai media informasi, adanya media konvergensi juga berdampak positif bagi semua kalangan, mengakses belajar dan informasi juga semakin luas. Saat ini juga sudah banyak aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel yang bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa untuk belajar. Di aplikasi tersebut sudah disediakan berbagai macam tutorial hitungan , sampai semua hitungan rumus sudah masuk di dalam aplikasi tersebut.  

Pada era saat ini selain menguntungkan dan membantu dalam proses belajar maupun kebutuhan informasi sehari-hari. Media konvergensi juga tidak hanya didorong oleh kepentingan bisnis untuk memperlebar pasar, namun juga akibatnya dari Hasrat konsumen untuk lebih mudah mendapatkan konten dengan media di manapun, kapanpun, dan dalam format apapun yang mereka inginkan. Dan media konvergensi ini hadir bukan karena pola top-down tapi juga bottom-up. 

Konvergensi ini sangat mungkin dilakukan jika konten yang diproduksi telah hadir dalam bentuk digital. Adanya konvergensi media menurut pengalaman penggunaan saya tidak hanya sebatas dalam ranah teknologi semata, melainkan telah merabah dan mengubah pola-pola dasar kehidupan manusia. Konvergensi mengubah hubungan antara teknologi, inustri, pasar, dan gaya hidup. Pola-pola produksi dan pola konsumsi akan media juga berubah dan penggunaanya berdampak pada level ekonomi, politik, sosial dan budaya. 

Sekarang ini saya tidak perlu repot lagi jika ingin berbelanja sesuatu, dari ponsel yang kita miliki bisa melakukan banyak hal misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa dengan para kolega, mengirim pesan penting dalam bentuk yang singkat atau Panjang, melakukan rapat penting, sampai melakukan transaksi dalam jumlah kecil maupun besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu platform media. Internet dan computer juga berperan besar dalam hal ini, namun ada hal yang harus diingat bahwa walaupun selalu terjadi perubahan media dari waktu ke waktu, tapi media yang lama tidak akan akan ditinggalkan begitu saja. Akantetapi hidup bersama dan saling berinteraksi dengan media-media pendatang baru. Dalam konteks yang lebih luas konvergensi media juga sesungguhnya bukan saja memperlihatkan kian cepatnya perkembangan teknologi. Konvergensi merubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaanya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, Pendidikan dan kebudayaan, perubahan ini ditandai dengan meningkana penggunaan konvergen media secara luas.

Media konvergen saat ini seperti smarthphone sudah marak digunakan disemua kalangan, dari anak kecil sampai orang tua saat setiap harinya tidak bisa lepas dari smarthphone, karena ponsel merupakan kebutuhan dalam setiap harinya. Orang saat ini jika tidak ada ponsel di genggaman makai a akan ketinggalan informasi setiap detiknya. Orang tidak mau merasa ketinggalan informasi  pada saat itu juga. Pada saat ini orang sekarang lama lama meninggalkan kewajiban dan beralih di depan media online, orang zaman sekarang akan betah lama lama di depan media online dan menghabiskan waktu ber jam-jam bahkan seharian penuh. 

Maka untuk menghindari keaadaan seperti itu kita harus bijak dalam menggunakan media konvergen pada saat ini, dengan mengubah kebiasaan buruk menjadi baik  memulai konten yang positif misal dari smartphone. Menggunakan aplikasi aplikasi yang positif dan tidak merugikan orang lain. Media konvergensi saat ini juga telah banyak menimbulkan dan menebarkan berbagai kemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari. Dari hal tersebut maka kita harus berusaha memilah dan memilih informasi dan menyaring berita yang ada. Selama kita menggunakan hal konvergensi dalam nilai positif pasti kita akan berjalan di jalur yang positif juga. 

Bnayka hal yang bisa kita manfaatkan dalam penggunaan media konvergensi saat ini, kita bisa mengeksplorasi tempat disekitar kita lalu membuat konten seperti foto, video atau tulisan lalu mengunggahnya di laman sosial media atau web. Lalu kita juga bisa menonton dari tayangan yang berada di media sosial dengan melihat nilai yang positif lalu menerapkan dalam kehidupan yang bermanfaat Apabila kita hanya terpaku dan memanjakan media konvergensi pada saat ini maka bisa jadi kita akan terjerumus pada hal hal yang tidak baik. Pada saat ini contoh di media sosial banyak terjadi kejahatan yang sering kita tidak sadari, di media saat ini juga banyak sekali munculnya berita hoax yang merugikan orang lain. Kejahatan dalam bermedia sosial juga harus kita pelajari pada era saat ini karena itu bisa mengancam diri kita dalam bahaya. 

Media konvergensi pada saat ini jika kita tidak bisa menahan diri kita maka kita tidak akan lolos dalam sebuah tantangan di era digital saat ini. Seiring berjalannya media yang semakin canggih dan pesat, semakin juga banyaknya timbul kejahatan kejahatan yang ada. Orang semakin mudah membodohi orang yang mereka tidak mengetahui tentang arus media saat ini, maka dengan itu kita harus memperlajari baik dan buruk media konvergen yang ada saat ini. Media konvergen pada saat ini juga banyak menguntungkan orang lain , muali dari belajar, memasak, memnonton tv, video, film. Semua sudah ada dan sangat mudah bagi kita untuk mengaksesnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline