Lihat ke Halaman Asli

TB1 Prof Dr Apollo"Investasi Saham Para Milenial Dikonversi

Diperbarui: 11 April 2021   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

INVESTASI SAHAM

Investasi saham adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan dengan pembelian beberapa kepemilikan saham pada sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mendanai keperluan dan mendukung jalannya ekonomi sehingga memberikan keuntungan bagi para penanam modal. Dewasa ini banyak para anak muda atau yang biasa disebut milenialis yang ingin berinvestasi saham. Alasan mengapa investasi saham begitu diminati karena, investasi saham itu simple, praktiknya sederhana dan mudah. Potensi hasilnya sangat besar, dapat merasakan memiliki perusahaan sendiri dan dapat dinikmati hasilnya di masa tua nanti.

Saat ini generasi milenial banyak yang sudah bekerja sehingga memiliki dana yang cukup untuk dialokasikan dalam investasi saham. Investasi adalah cara cerdas untuk memaksimal uang dengan hasil yang juga lebih menjanjikan. Berbeda dengan menanamkan usaha untuk membuka usaha, investasi saham tidak membutuhkan tenaga maupun risiko yang besar.

Pengertian investasi menurut Haming dan Basalamah adalah pengeluaran saat sekarang untuk membeli aktiva reel seperti tanah, rumah, mobil dan lain-lain atau juga aktiva keuangan memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar di masa yang mendatang, selanjutnya dikatakan investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber atau dana yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Jenis-jenis investasi keuangan

1. Saham

Saham adalah suatu bukti kepemilikan suatu perusahaan. Dengan membeli saham suatu perusahaan maka secara sah kita menjadi pemilik saham perusahaan tersebut, tentu saja dengan porsi yang sangat kecil apabila kita membelinya dalam jumlah satu lot (jumlah satuan dalam saham). Pembelian saham suatu perusahaan hanyalah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

2. Reksadana

Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun uang milik masyarakat pemilik modal yang akan dikelola untuk menghasilkan keuntungan. Reksadana ada bermacam-macam jenisnya. Di Indonesia reksadana konvesional yang biasanya dijadikan instrumen investasi oleh masyarakat awam. Proses investasi di Reksadana sangat mudah. Semuanya bisa dilakukan secara online tanpa perlu bertemu. Bahkan sekarang sudah bisa dilakukan lewat e-commerce, seperti Tokopedia dan Bukalapak. Minimum investasi di reksadana sangat kecil, mulai dari Rp 10 ribu (betul Rp 10 ribu, Anda tidak salah baca)

3. P2P Lending

P2P lending atau peer to peer lending adalah sebuah platform/penyelenggara yang mempertemukan penanam modal/investor dengan si peminjam modal biasanya pemilik usaha. Tujuannya adalah memperoleh keuntungan bagi si pemodal dan memperoleh modal bagi si pemilik usaha entah untuk cashflow perusahaan atau ekspansi bisnis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline