Lihat ke Halaman Asli

Dwimas Panduwinata

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Media Sosial Sekarang dan Potensinya

Diperbarui: 25 April 2021   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teknologi dan perkembangannya meliputi perangkat digital seperti komputer, laptop, serta smartphone membuat sebuah perbandingan yang lurus dengan kebutuhan akan jaringan internet. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini. Bagi sebagian besar pengguna sudah mengetahui fungsi dan berbagai fitur yang disajikan dalam sebuah aplikasi media sosial. Namun, apabila kita mengeksplorasi sedikit lagi tentang media sosial, kita akan mendapatkan banyak manfaat lain yang bisa menguntungkan untuk kepentingan individu dan juga tidak menutup kemungkinan dengan adanya manfaat yang banyak itu akan menghadirkan dampak buruk bagi setiap penggunanya.

Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya sosial media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas sehingga media sosial menmungkinkan menghubungkan dari pengguna satu ke pengguna lain diseluruh pelosok dunia. Agar pengguna media sosial (medsos) lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Anda tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional. Cukup dengan mengakses media sosial, anda dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah aktivitas keseharian anda, dan lain sebagainya.

Banyak sosial media tumbuh dari masa kemasa beriringan dengan perkembangan teknologi dan memiliki manfaat yang beragam. Media sosial sangat bermanfaat untuk membangun relasi dan koneksi antar individu jarak jauh bahkan sampai keluar negri, karenanya banyak masyarakat sekarang lebih memilih berdagang via online, selagi tidak perlu repot membuat atau menyewa sebuah ruko masyarakat juga mudah mendapatkan konsumen karena algoritma yang di buat oleh media sosial tersebut. Berjualan apapun mulai dari pakaian, jasa, hingga kuliner sudah dipasarkan melalui media sosial tidak perlu baliho atau semacamnya. Dalam media sosial seperti Facebook kita mengenal sebuah forum yang bernama FJB (Forum Jual Beli) dimana masyarakat bisa saling membagikan dan mempromosikan dagangannya secara cuma - cuma, juga tak jarang beberapa pedagang mempromosikan dan melakukan jual beli online melalui fitur Facebook Live. Lalu banyak akun online shopping pakaian, jasa desain, hingga bahkan seniman memasarkan karya dan dagangannya di media sosial, Instagram. Berbeda dengan facebook, klasifikasi pengguna instagram lebih cenderung anak muda. Di Instagram kita dapat mengunggah foto disertai deskripsi, Instagram merupakan media sosial yang paling sering digunakan bagi anak muda karena penggunaannya yang mudah serta cukup "daily activities", kita mampu membagikan kegiatan apa yang sedang kita lakukan dalam sebuah fitur "Stories" selama 15 detik, dan sekarang Instagram telah mempelopori fitur ini untuk media sosial seperti Facebook, dan Twitter. Selain Instagram, Twitter juga merupakan ruang virtual yang mayoritas diduduki oleh kaum muda. Sama seperti Instagram, Twitter dapat mengunggah foto, deskripsinya, serta membagiakan cerita 15 detik. Namun pada awal didirikan, Twitter adalah wadah untuk seseorang berkicau, membuat tulisan, dan menulis apa yang sedang mereka fikirkan.

Beberapa media sosial tersebut dilihat dari kegunaannya ialah sebagai sarana membangun koneksi, berkomunikasi, dan bahkan bisnis. Tidak selesai disitu, sosial media juga menghadirkan manfaat lain yang sangat berguna sebagai sarana pencarian referensi, ide, dan inspirasi. Banyak konten kreator dalam ranah videografi memanfaatkan sosial media platform seperti Youtube & Twitch untuk mendapatkan ide maupun referensi dalam konten berikutnya dari kreator lain. Namun Youtube & Twitch memiliki perbedaan yang signifikan, Youtube merupakan paltform yang luas untuk mencari konten video berdasarkan klasifikasinya entertain, gaming, edukasi, news, daily, comedy, lifestyle, dan lain-lain. Sedangkan Twitch merupakan sosial media platform yang mayoritas dipenuhi dengan livestream dari konten game dan beberapa penggemar kreator bisa dapat berkomunikasi pada kolom komentar di livestream tersebut. Sementara bagi kreator atau desainer, mereka menggunakann media sosial Behance, Pinterest, dan Instagram sebagai wadah berkreasi dan mencari tren desain terbaru. Di Behance, kreator desain dapat mengunggah seluruh portofolio yang mereka punya dan dengan mudahnya mendapatkan koneksi antar kreator. Behance mencakup rentang yang lebih luas dari bidang kreatif termasuk Arsitektur, Grafik Motions, Desain Otomotif, dan Fashion. Sebagai tambahan, Behance juga menyediakan seperangkat API untuk memberikan akses pada kontennya. Lalu ada Pinterest, Pinterest merupakan media sosial virtual pinboard yang memungkinkan kita untuk membuat koleksi atau album foto. Uniknya, koleksi maupun album tersebut bisa dibuat dari hasil unggahan sendiri atau dari kumpulan gambar pengguna lain yang kita temukan di Pinterest.

Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah. Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain. Adanya media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial dan segala   bentuk   perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial positif seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. Sedangkan perubahan sosial yang cenderung negatif seperti munculnya kelompok -- kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma yang ada.

Media sosial dalam masa sekarang berpotensi untuk menjadi pasar baru sebagai ranah bisnis dan ekonomi, apalagi pandemi yang semakin terus menyebar kemana - mana. Dalam cakupan pariwisata, dengan media sosial kita mampu memperkenalkan tempat wisata yang mungkin tidak banyak orang tau sebelumnya, terlebih di Indonesia memiliki seribu keindahan alamnya. Teknologi informasi juga dipermudah dengan adanya media sosial, masyarakat mampu mengetahui berita terbaru dari platform dan akun sosial media yang terbiasa membahas berita - berita terkini. Namun potensi yang ada akan kembali lagi ke pengguna yang memanfaatkan sosial media sebagai hal yang positif atau negatif. Apabila pengguna memanfaatkan sosial media sebagai sarana kriminal cyber maka potensi yang ada juga akan menghasilkan hal yang negatif dan merugikan banyak pihak, namun apabila pengguna memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk berkreasi dan melakukan hal positif maka potensi yang akan terjadi juga adalah hal - hal yang positif terhadap ruang lingkup virtual tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline