Lihat ke Halaman Asli

Dwi Marfuji

Runner, pingin hidup sehat dan syukur manfaat buat orang lain

7 Tanda Madu Palsu

Diperbarui: 21 Maret 2016   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Madu yang asli banyak manfaat namun harus hati-hati, banyak beredar madu palsu doc.sweden h "][/caption] Yogyakarta dipagi hari sangat berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Suara kicau burung, jangkrik dan makhluk-makhluk bersuara nyaring lainnya masih lestari hingga kini. Kehadiran ruang terbuka hijau dan kawasan resapan yang dirintis oleh kampus-kampus besar di Yogyakarta mungkin menjadi salah salah satu faktor, sebut saja UNY, UGM, UMY dan kampus2 lainnya. Disini saya tak banyak mengulas itu, namun saya akan mengulas cerita ketika seorang sahabat menemukan butiran-butiran gula pasir dimadu yang baru saja dibelinya. Heran dengan temuan tersebut, maka saya sedikit mencari tau perbedaan antara madu asli dan palsu, bahkan karena saking ingin taunya, penulis berangkat kepusat penjualan madu di pusat kota jogja, dan didapatkannya sebuah kantor besar produsen dan sekaligus penjualan madu. Disana ada beberapa catatan untu oleh2 terkait informasi madu palsu:

  1.  Madu berbuih dan berbusa banyak (efek dari pengoplosan gula pasir)
  2. Madu berbau tengik (madu sebenarnya tak ada masa kadaluarsanya, jadi ketika berbau, pasti ada campuran atau bukan madu)
  3. Madu sangat encer (madu cenderung kental, meskipun dipanen dimusim penghujan madu tetap memiliki kerapatan molekul lebih daripada air)
  4. Madu disukai semut (madu memiliki keasaman yang tak disukai semut, jarang ada sarang tawon yang diserang kawanan semut)
  5. Madu meninggalkan bekas warna ditangan (hati-hati, bisa jadi ada pewarna yang dicampurkan jika ini sampai terjadi)
  6. Madu sangat manis (madu memang manis namun tidak juga manisnya pekat, bahkan beberapa madu terasa agak asem, ini karna bunga yang diserap agak muda atau berjenis buah berasa asem2)
  7. Madu mematikan korek (Korek api yang dicelupkan pada madu asli, tak akan mati bila digesekan_dinyalakan)

Demikian sedikit catatan, Jangan takut konsumsi madu, karna jarang sekali makanan dan minuman yang memiliki gizi dan kandungan sekomplit madu, mudah2n anda terhindar dari pedagang2 madu nakal. Saran saya malah_dicoba aja budidaya madu sendiri, terlebih yang dijogja yang notabene lingkungannya masih hijau(cocok untuk budidaya lebah madu) atau minimal belilah diprodusennya langsung.

Mudah-mudahan anda selalu sehat

Salam :-)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline