Lihat ke Halaman Asli

Dwi Lestarii

Mahasiswi

Biologi Konservasi Pelestarian Arboretum & Ekoriparian Universitas Lancang Kuning

Diperbarui: 11 Juni 2024   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

PELESTARIAN ARBORETUM & EKORIPARIAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING

Universitas Lancang Kuning atau yang biasa disingkat sebagai  Unilak  adalah salah satu perguruan tinggi  yang berada di Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Universitas Lancang Kuning merupakan salah satu kampus swasta kedua yang ada di Riau. 

Universitas Lancang Kuning memiliki ARBORETUM yang di beri nama "taman kehati arboretum unilak" dan kawasan EKORIPARIAN. 

Saya mengamati bahwa arboretum dan ekoriparian ini menjadi ekowisata yang banyak di kunjungi oleh masyarakat, Ekowisata ini merupakan kegiatan wisata yang dilakukan pada kawasan yang masih alami dengan mengurangi kerusakan yang diakibatkan dari kegiatan wisata tersebut.

Arboretum ini merupakan salah satu bentuk dari konservasi. Arboretum memiliki makna sebagai tempat berbagai koleksi tumbuhan yang digunakan bagi kebutuhan penelitian atau hanya kebutuhan rekreasi semata.

Arboretum merupakan kebun koleksi pepohonan dengan luasan tertentu berisi berbagai jenis pohon yang ditanam sedapat mungkin mengikuti habitat aslinya dan dimaksudkan sebagai areal pelestarian keanekaragaman hayati dan sedikitnya dapat memperbaiki atau menjaga kondisi iklim disekitar Kota Pekanbaru. Selain itu, arboretum  dapat berperan sebagai sarana pendidikan, penelitian, dan pengembangan. 

Arboretum ini juga dapat menjadi wadah bagi masyarakat sekitar atau terkhusus kepada mahasiswa unilak untuk dapat mendalami lingkungan hidup yang ada disekitar dan juga peran masyarakat serta mahasiswa disini sangat membantu untuk menjaga kelestarian dan keasrian dari Arboretum ini.

Ekoriparian juga merupakan salah konservasi yang merupakan kawasan ruang hijau terbuka yang memiliki upaya untuk menurunkan beban pencemaran dari limbah domestik dan menjadikan daerah pengembangan tersebut sebagai pusat edukasi konservasi lingkungan. 

img-20240610-wa0058-66671bb6c925c4629d362a32.jpg

Kawasan Ekoriparian Universitas Lancang Kuning memiliki keistimewaan dengan adanya danau yang dikelilingi oleh taman yang ditanami dengan berbagai jenis tumbuh tumbahan, kawasan ekoriparian unilak juga memiliki coffeshop yang sudah dimodifikasi mengikuti jaman yang mana ini juga merupakan fasilitas bagi mahasiswa sekitar unilak untuk dapat mengerjakan tugas dengan susasan yang baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline