Lihat ke Halaman Asli

Dwi Kanti Rahayu

Guru, Penulis

Menciptakan Pembelajaran Kimia yang Efektif Melalui Kutipan "Senyawa Cinta"

Diperbarui: 27 Mei 2021   00:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam berbagai kegiatan yang mengangkat tema tentang metode pembelajaran, kesulitan yang paling sering dihadapi seorang guru adalah pemilihan sebuah metode pembelajaran yang efektif dan dapat memotivasi siswa untuk belajar. Kimia merupakan materi pelajaran abstrak yang sulit dipahami oleh sebagian besar siswa. Selama ini guru menganggap bahwa mengajak siswa menemukan suatu konsep dengan melakukan sendiri percobaan Kimia di laboratorium merupakan metode yang paling efektif dalam belajar Kimia.

Foto: Dokumentasi pribadi

Ternyata hal ini tidak cukup. Dalam belajar Kimia dan pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, seyogianya siswa dilibatkan secara emosional dalam pembelajaran agar kemampuan kognitifnya tidak terbatas. Siswa mungkin akan mengerti, tetapi tanpa emosi pembelajaran tidak akan terasa nyata.

whatsapp-image-2021-05-27-at-00-29-54-60ae8658d541df0938771ce3.jpeg

Foto: Dokumentasi pribadi

Kutipan dalam buku "Senyawa Cinta", merupakan karya inovatif yang dapat dipakai sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas belajar. Melalui gombalan-gombalan yang lekat dengan perasaan dan menyentuh hati mereka, materi pelajaran Kimia disajikan dengan apik dan menarik sehingga memudahkan siswa belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline