Lihat ke Halaman Asli

Membangun Kesadaran Karakter Melalui Sosiologi Pendidikan Islam

Diperbarui: 28 Juni 2023   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Membangun Kesadaran Karakter Melalui pendekatan Sosiologi Pendidikan Islam

Sosiologi Pendidikan

Dwi indah rahmawati

2122010


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 26 Juni 2023
https://daerah.sindonews.com/read/1137911/720/pembunuh-kepala-dusun-ditangkap-motifnya-emosi-lihat-saudara-dimarahi-1687766784
manusia sebagai individu dan makhluk sosial, memiliki beragam karakteristik dengan kodrat atas jiwa dan raga. Manusia sebagai individu, memiliki unsur jasmani, Rohani, fisik, psikis,raga serta jiwa, dan juga memiliki peran dalam menjaga untuk mempertahankan harkat maupun martabat. Manusia juga tercipta sebagai makhluk sosial, yang memiliki kebutuhan untuk selalu berinteraksi dengan individu lainnya. Dalam berhubungan dengan individu yang lain juga terdapat aktivitas sosial yang memiliki norma-norma sosial sebagai acuan yang harus dipatuhi dalam kehidupan bermasyarakat. Norma yang muncul sebagai aturan dalam bertingkah laku pada kehidupan bermasyarakat meliputi norma agama, kesusilaan, kesopanan serta hukum.

munculnya kejahatan akibat terjadinya faktor yang mempengaruhinya, faktor yang mempengaruhi antara lain adalah faktor internal atau faktor dari dalam yaitu keadaan jiwa seseorang, tingkat Pendidikan seseorang, dan kedudukan seseorang dalam masyarakat.

faktor eksternal berhubungan dengan faktor ekonomi dan faktor agama (kurangnya pemahaman tentang agama).

Dengan adanya kasus tersebut yang akan dibahas adalah dengan melakukan pendekatan ataupun membangun kesadaran masyarakat ataupun perseorangan agar mampu membangun kepribadian yang lebih baik.Selain itu juga terdapat faktor lain yang menyebabkan hal itu terjadi dikarenakan Pendidikan islam termarjinalisasikan (menurut Azyumarida Azra) antara lain lemahnya masyarakat imiah. Sosiologi Pendidikan islam sangat penting untuk dipelajari dengan tujuan untuk menciptakan manusia yang berakhlak luhur, beriman serta didukung dengan ilmu pengetahuan yang baik.

Serta mewujudkan adanya pengurangan kejahatan yang terjadi dimasa sekarang.Sedangkan  peran sosiologi menjadi sebuah pendekatan yang memiliki kaitan dengan hubungan sesama manusia serta proses yang terjadi didalamnya. Secara terminologi Sosiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas tentang struktur, proses, dan juga perubahan sosial yang terjadi didalamnya.

Pendidikan merupakan sebuah metode pendekatan yang jika digunakan dapat sesuai dengan fitrah manusia dalam tahap pertumbuhan. Selain itu Pendidikan juga memiliki tujuan yang sangat erat dengan tujuan hidup manusia. Dalam islam Pendidikan merupakan proses Pendidikan untuk mengedepankan peradapan agar manusia membawa kemakmuran dan kesejahteraan yang baik. Dasar dasar yang diterapkan dalam Pendidikan islam adalah Al-Qur'an, sunah Nabi Muhammad Saw.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline