Lihat ke Halaman Asli

Peran Pancasila

Diperbarui: 17 Januari 2023   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai petunjuk kebenaran

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kekayaan alam, mayoritas beragama islam. Akan tetapi di sisi lain pasti terdapat kekurangan dan kelebihan untuk negara indonesia itu tersendiri. 

Contohnya seperti banyaknya masalah-masalah yang ada diindonesia seperti kasus-kasus yang sering terjadi diindonesia yang dilatar belakangi minimnya moral dan akhlak yang baik sehingga sering terjadi diindonesia , Pentingnya Pancasila sebagai sistem etika terkait dengan problem yang dihadapi bangsa Indonesia sebagai berikut. 

Pertama, banyaknya kasus korupsi yang melanda negara Indonesia sehingga dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kedua, masih terjadinya aksi terorisme yang mengatasnamakan agama sehingga dapat merusak semangat toleransi dalam kehidupan antar umat beragama, dan meluluhlantakkan semangat persatuan atau mengancam disintegrasi bangsa. Ketiga, masih terjadinya pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dalam kehidupan bernegara, seperti: kasus penyerbuan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan Yogyakarta, pada tahun 2013 yang lalu. 

Keempat, kesenjangan antara kelompok masyarakat kaya dan miskin masih menandai kehidupan masyarakat Indonesia. Kelima,ketidakadilan hukum yang masih mewarnai proses peradilan di Indonesia,seperti putusan bebas bersyarat atas pengedar narkoba asal Australia dan lain sebagainya. 

Dari hal diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pancasila sebenarnya memiliki manfaat yang cukup baik. pancasila adalah untuk mengembangkan dimensi moralitas dalam diri setiap orang sehingga dapat memiliki kemampuan menampilkan sikap spritualitas dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara. 

Pancasila juga sangat berperan ketika pancasila dijadikan pancasila sebagai sistem etika. Pancasila dijadikan sebagai sistem etika merupakan moral guidance yang dapat diaktualisasi ke dalam tindakan konkrit, yang melibatkan berbagai aspek kehidupan. Dengan demikian dapat dikembangkan melalu berbagai karakter yang pancasilais melalui berbagai sikap yang positif, seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, mandiri, dan lain sebagainya.

Etika apa itu etika ?

Etika secara etimologi berarti tentang segala sesuatu yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Dalam makna ini, etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, tata cara hidup yang baik, baik pada diri sendiri ataupun masyarakat.

Etika pancasila adalah cabang filsafat yang dibagi-bagi dari sila-sila pancasila untuk mengatur perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara diindonesia.

Maka dari itu, dalam etika pancasila terkandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline