Lihat ke Halaman Asli

Makan bersama Saat Bulan Puasa...

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bahagia sekali menyambut bulan puasa. Banyak sekali hal yang menyenangkan saat bulan puasa. Semuanya serba lebih damai, indah, dan dekat, lebih dekat dengan Tuhan dan lebih dekat dengan keluarga. Bisa shalat berjamah setiap malam di mesjid, shalat subuh berjamaah di rumah, dan paling menyenangkan adalah makan bersama setiap hari.

Jika di hari-hari biasa saya dan keluarga hidup bersama, seatap, tapi kami sangat jarang makan bersama.

Kami sekeluarga memiliki kesibukan masing-masing, Ayah yang sibuk di kampus sebagai Dosen sekaligus Mahasiswa yang melanjutkan S3, Ibu yang sibuk dengan bisnisnya, nenek yang sibuk di rumah mengurus kami, cucu-cucunya, dan adik-adik saya yang setiap hari kesekolah.

Saya sendiri setiap hari bekerja, yang beranjak dari rumah di pagi hari saat adik-adik saya masih terlelap, Ayah yang masih berkemas untuk berangkat kerja, dan Ibu dan nenek yang sibuk menyiapkan sarapan. Saat Ayah maupun adik-adik saya menikmati sarapan bersama, saya hanya bisa membawa bekal dan sarapan di kantor. Begitupun saat makan siang, kami masih sama-sama di luar rumah, dan  saat makan malam kamipun sangat jarang sekali bisa makan bersama, karena saya sudah makan malam lebih dulu di kantor sebelum pulang, atau saat perjalanan pulang ke rumah, keluarga pun sudah makan terlebih dahulu.

Tapi saat bulan puasa, Ibu dan nenek jadi semangat memasak meski harus rela bangun lebih awal, dan semangat memasak saat  lapar, haus dan lelah dengan pekerjaan sepanjang hari. Adik-adik saya khususnya yang masih duduk di bangku kelas 3 SD, tak pernah alpa untuk sahur meski bangun dengan tergopoh-gopoh. (^_^), dan semangat 45 menanti waktu berbuka puasa karena sudah berpuasa satu hari full.

Puasa tapi makan bersama tak pernah terlewatkan, sahur dan berbuka. Dan itu menjadi salah satu momen yang sangat menyenangkan. Lebih dekat, lebih damai, dan lebih indah... (^_^)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline